Di balik rasanya yang manis dan enak disantap, ada banyak manfaat cempedak yang bisa kita dapatkan. Berbagai kandungan nutrisi di dalam cempedak menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Cempedak (Artocarpus integer) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Sekilas buah ini mirip sekali dengan buah nangka. Bedanya, ukuran buah cempedak cenderung lebih kecil, manis, gurih, dan lembut daripada buah nangka.

5 Manfaat Cempedak untuk Kesehatan - Alodokter

Tak hanya sebagai santapan lezat, cempedak merupakan sumber energi alami dan sering dimanfaatkan juga untuk meningkatkan kesehatan sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Kandungan Nutrisi Cempedak

Di dalam 100 gram cempedak terkandung sekitar 115 kalori. Berikut adalah beragam nutrisi yang ada dalam cempedak:

  • 25 gram karbohidrat
  • 2,5 gram protein
  • 0,4 gram lemak
  • 3,5 gram serat
  • 40 miligram kalsium
  • 1 miligram zat besi
  • 18 miligram vitamin C

Buah cempedak juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, serta berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karoten dan xanthone. Salah satu jenis flavonoid unik yang dimiliki oleh cempedak adalah senyawa artoindonesianin.

Ragam Manfaat Cempedak

Berkat kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat cempedak untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengobati malaria

Ekstrak buah cempedak sudah terkenal sebagai obat malaria yang cukup efektif. Khasiat ini berasal dari kandungan senyawa artoindonesianin bersama antioksidan alami lainnya yang ada di dalam daging buah cempedak.

Pada sebuah penelitian, terbukti bahwa ekstrak buah cempedak dapat membunuh parasit penyebab malaria, yaitu Plasmodium falciparum. Namun, pemanfaatan buah cempedak sebagai obat utama malaria masih tidak aman untuk dilakukan.

2. Mengurangi risiko kanker

Senyawa artoindonesianin dalam buah cempedak bisa membunuh parasit malaria karena aktivitas sitotoksik (mematikan sel) yang dimilikinya. Dengan aktivitas yang sama, khasiat ini juga dinalar bisa berefek serupa pada sel kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa artoindonesianin memiliki potensi dalam menghambat sel kanker darah leukemia. Namun, mekanisme kerja senyawa ini belum diketahui sehingga belum bisa dikembangkan lebih lanjut.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat cempedak berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena buah cempedak kaya akan serat, kalium, vitamin C, dan antioksidan yang memiliki peran besar terhadap kesehatan jantung.

Nutrisi-nutrisi tersebut mampu mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan 2 faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Cempedak bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalam cempedak diketahui mampu meningkatkan kerja usus dalam menyerap nutrisi dan menjaga keseimbangan bakteri baik (probiotik) di dalam usus.

Selain serat, manfaat cempedak yang satu ini juga didukung oleh kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan xanthone yang diketahui bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, misalnya dengan membantu menyembuhkan tukak saluran pencernaan.

5. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat cempedak tidak hanya berasal dari daging buahnya, tapi juga bisa dari bijinya. Biji cempedak diketahui bisa diolah menjadi tepung dan dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti tepung terigu.

Dibandingkan tepung biasa, tepung biji cempedak memiliki lebih banyak kandungan serat dan nutrisi, serta memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada tepung roti. Dengan begitu, tepung biji cempedak bisa jadi pilihan yang lebih sehat, terutama untuk penderita diabetes atau obesitas.

Mengingat rasanya yang lezat, berbagai manfaat cempedak di atas tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, untuk mendapatkannya, Anda harus memperhatikan porsi konsumsi cempedak dan cara mengolahnya.

Di Indonesia, cempedak sering kali disajikan dengan digoreng bersama adonan tepung. Cara penyajian cempedak seperti ini justru akan menambah kandungan kolesterol, lemak, gula, dan indeks glikemiknya sehingga menghilangkan manfaat cempedak itu sendiri.

Mengonsumsi cempedak secara langsung akan lebih bermanfaat bagi kesehatan dan tentunya lebih praktis. Jika ingin mencoba menu baru, Anda bisa membuatnya menjadi campuran untuk jus, topping untuk oatmeal, atau camilan bersama cokelat hitam.

Selain makan cempedak, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi aneka makanan bergizi lainnya.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat cempedak bagi kesehatan dan bagaimana cara menambahkan buah ini ke dalam menu-menu makanan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.