Emang ada buah tinggi protein? Buat kamu yang belum tahu, protein bukan hanya berasal dari hewan lho, protein juga bisa didapatkan dari beberapa jenis buah dan baik untuk dikonsumsi tiap hari. Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Protein merupakan jenis makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar. Protein berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh, menjaga fungsi otot, meningkatkan kesehatan tulang, bahkan menjaga berat badan ideal.

12 Buah Tinggi Protein yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari - Alodokter

Memenuhi kebutuhan protein harian bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman berprotein. Berbeda dengan makanan berprotein hewani yang identik dengan rendah serat, kamu bisa mengonsumsi buah tinggi protein karena juga mengandung banyak serat.

Daftar Buah Tinggi Protein

Telur, daging, ikan, adalah sumber makanan kaya protein yang sudah cukup dikenal. Walau tidak setinggi sumber makanan hewani, ternyata ada beberapa jenis buah yang bisa dibilang tinggi protein, lho. Berikut adalah penjelasannya:

1. Markisa

Buah markisa menyimpan sekitar 3,5 gram protein dalam 100 gram buahnya. Selain itu, buah dengan rasa asam manis ini juga mengandung sejumlah nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, serat, termasuk sejumlah mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Karena kandungan nutrisinya sangat lengkap, buah ini bisa membantu untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga mencegah konstipasi jika dikonsumsi secara teratur.

2. Kelapa

Daging buah kelapa memang menyimpan banyak nutrisi, salah satunya protein. Konsumsi 100 gram daging kelapa dapat menyuplai 3,3 gram protein ke dalam tubuh. Namun, ini hanya berlaku untuk kelapa yang sudah tua, ya.

Untuk kelapa muda, per 100 gramnya mengandung 1 gram protein saja. Nggak cuma dagingnya, air kelapa juga kaya ternyata mengandung protein, lho.

3. Cempedak

Buah yang mirip nangka ini bisa jadi pilihan buah untuk mencukupi kebutuhan protein. Jumlah proteinnya sekitar 3 gram dalam 100 gram buah. Cempedak juga tinggi kalium. Kalium merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Jambu biji

Tidak hanya dikenal sebagai sumber vitamin C dan antioksidan, jambu biji juga bisa dijadikan pilihan buah tinggi protein. Dalam 100 gram jambu biji atau sekitar 2 buah jambu biji ukuran sedang, terkandung sekitar 2,5 gram protein.

Selain mengandung vitamin C dan protein, jambu biji juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan mineral penting, seperti zinc, selenium, kalium, kalsium, magnesium, hingga mangan.

5. Durian

Ada kabar baik, nih buat pecinta durian! Buah dengan aroma khas ini mengandung banyak protein di dalamnya. Dalam 100 gram durian kira-kira terdapat 2,5 gram protein. Durian juga mengandung karbohidrat, sehingga cocok dijadikan sumber energi yang baik.

6. Naga merah

Kalau kamu suka makan salad buah, pasti sudah tidak asing dengan buah naga merah. Dengan mengonsumsi 100 gram naga merah kamu bisa mendapatkan 1,7 gram protein. Rutin konsumsi buah ini juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi berkat kandungan fosfor di dalamnya.

7. Nangka

Kandungan protein yang tinggi pada nangka membuat buah ini cocok dijadikan makanan untuk memenuhi asupan protein harianmu. Per 100 gram nangka terkandung 1,2 gram protein di dalamnya. Buah ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sop buah, bolu, kolak, atau sayur nangka.

8. Srikaya

Selain sebagai sumber serat, srikaya juga mengandung protein, lho. Dengan makan 100 gram srikaya, kamu bisa mendapatkan 1,1 gram protein. Buah ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata dan otak, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

9. Pisang

Tidak hanya kaya akan serat, buah pisang juga tinggi protein, yaitu sekitar 1 gram dalam 100 gram. Konsumsi buah ini dapat meningkatkan imunitas tubuh sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan.

10. Duku

Meski berukuran kecil, duku merupakan buah yang padat nutrisi. Salah satu nutrisinya adalah protein, sekitar 1 gram dalam 100 gram. Duku juga tinggi serat, vitamin C, dan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tetap normal.

11. Sirsak

Buah yang sering dibuat jus ini mengandung beragam nutrisi, termasuk protein. Dalam 100 gram sirsak terdapat sekitar 1 gram protein. Sirsak juga bisa menjadi pilihan buah untuk meningkatkan energi, mencegah batu ginjal, dan meningkatkan kepadatan tulang berkat kandungan karbohidrat dan kalium di dalamnya. Buah ini juga dipercaya dalam mencegah terjadinya beberapa jenis kanker.

12. Rambutan

Suka makan rambutan? Buah ini bisa membantu mencukupi asupan protein tubuhmu, lho. Selain itu, rambutan juga kaya akan serat, vitamin C dan vitamin B5 yang dapat meningkatkan energi, menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, dan mencegah gangguan pencernaan.

Itulah pilihan buah tinggi protein yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Selain buah-buahan di atas, buah lainnya yang juga memiliki kandungan protein adalah apel, anggur, mangga, dan alpukat.

Selain dari buah-buahan. protein bisa diperoleh dari makanan lain, seperti telur, ikan, daging, ayam, dan seafood. Sementara itu, sumber protein dari tumbuhan bisa diperoleh dari tempe, tahu, kacang-kacangan, kangkung, daun singkong, dan gandum.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu dan merasa ragu apakah boleh mengonsumsi makanan berprotein, konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan makanan berprotein yang sesuai dengan kondisimu.