Tak hanya lezat, manfaat buah naga merah untuk kesehatan pun beragam. Selain menjaga daya tahan tubuh, berbagai kandungan nutrisi di dalam buah ini juga diduga dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Nah, simak artikel ini untuk tahu lebih jauh tentang manfaat buah naga lainnya.

Buah naga merah merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau, buah ini juga mudah ditemukan, baik di supermarket atau pedagang tradisional.

Jangan Lewatkan 5 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan - Alodokter

Rasa yang manis dengan kandungan air yang banyak dan daging buah yang bertekstur lembut, membuat buah ini nikmat disantap terutama saat cuaca sedang panas.

Selain bisa memanjakan lidah, buah naga juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sayang rasanya jika melewatkan beragam manfaat dari buah yang masih satu keluarga dengan kaktus ini.

Manfaat Buah Naga Merah

Ada beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur, antara lain:

1. Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui dapat mencegah tubuh dari anemia. Ini berkat kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Zat besi merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan terganggu dan Anda berisiko tinggi mengalami anemia. Dengan mengonsumsi buah naga merah, kebutuhan zat besi tubuh akan tetap terjaga.

2. Memelihara kesehatan tulang

Kalsium diperlukan tubuh untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga diperlukan oleh organ, otot, dan saraf di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Buah naga merah diketahui mengandung kalsium di dalamnya. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan buah naga merah sebagai camilan sehat untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

3. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Buah naga merah merupakan jenis buah yang kaya antioksidan dan zat antosianin, yaitu pewarna alami yang memberikan warna cerah pada buah.

Kedua zat tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan membantu tubuh terhindar dari risiko terkena kanker.

4. Merangsang pembentukan kolagen

Kandungan vitamin C yang ada pada buah naga merah bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Dengan demikian, kelenturan dan kesehatan kulit akan tetap terjaga dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Tak hanya untuk kesehatan kulit, vitamin C pada buah naga merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mencegah migrain

Vitamin B2 dan vitamin B3 merupakan jenis vitamin yang juga diperlukan oleh tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B, maka tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk migrain, katarak, preeklampsia, dan penyakit jantung.

Meski demikian, kesehatan tubuh tidak hanya dapat diperoleh hanya dengan mengonsumsi buah naga saja. Anda tetap dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, mencukupi waktu istirahat, dan mengelola stres dengan baik.

Bila Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi buah naga merah, seperti gatal, bengkak, atau kemerahan di kulit, periksakanlah diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.