Salad buah tidak kalah populer dari salad sayur. Manfaat salad buah bagi kesehatan pun melimpah. Penyajiannya yang mudah dan rasanya yang lezat, menjadikan salad ini sebagai pilihan menu diet yang tepat. Oleh karena itu, mari mulai membiasakan untuk mengonsumsinya.

Berbagai manfaat salad buah dapat diperoleh karena buah mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut penting untuk mendukung organ dan sel tubuh dapat berfungsi dengan baik, sehingga tubuh tetap sehat.

Kenali 4 Manfaat Salad Buah di Balik Kelezatannya - Alodokter

Manfaat Salad Buah bagi Kesehatan

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi salad buah, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat salad buah bagi kesehatan yang bisa diperoleh:

1. Mencegah berbagai penyakit

Menyantap salad buah dapat memperkuat kekebalan dan fungsi organ tubuh. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah-buahan.

Dengan begitu, Anda menjadi tidak mudah sakit atau mengalami masalah kesehatan, misalnya penyakit infeksi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, atau hipertensi.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Salad buah kaya akan serat yang baik untuk menjaga saluran cerna agar berfungsi dengan baik dan mencegah Anda mengalami konstipasi. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk mendukung fungsi bakteri baik di usus dan mengurangi peradangan dalam saluran cerna.

3. Menjaga berat badan

Tidak hanya nikmat dan menyegarkan, buah-buahan yang dijadikan salad buah bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Buah juga umumnya rendah kalori, sehingga bisa menjaga berat badan tetap stabil.

4. Memelihara kesehatan mental

Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi salad buah secara rutin diketahui mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan mental seseorang.

Hal ini diduga karena buah mengandung karbohidrat kompleks dan polifenol yang baik untuk meningkatkan suasana hati, stamina, bahkan konsentrasi. Semua efek ini pada akhirnya mendukung produktivitas dan kesehatan mental yang lebih baik.

Pilihan Jenis Buah untuk Penyajian Salad Buah

Semua buah-buahan sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, ada jenis buah yang memiliki kadar nutrisi tertentu lebih banyak dibandingkan buah lainnya.

Berikut ini adalah pilihan buah-buahan yang bisa Anda tambahkan ke dalam salad buah:

  • Pisang, kaya akan kalium sehingga cocok untuk menjaga kadar elektrolit yang hilang akibat muntah atau diare
  • Buah naga, kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata
  • Alpukat, kaya akan lemak baik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah
  • Semangka, kaya akan air sehingga bisa menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi
  • Jambu biji, kaya akan vitamin C yang baik untuk mendukung kekebalan tubuh

Agar manfaat salad buah yang diperoleh dapat maksimal, Anda tidak dianjurkan untuk menyajikannya dengan mayones. Mayones memang membuat salad semakin lezat, tetapi mengandung banyak lemak dan tinggi kalori.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti mayones dengan yoghurt. Yoghurt mengandung kalsium dan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan. Bila Anda ingin menambahkan pemanis, gunakanlah pemanis alami seperti madu. Hindari pemanis tambahan, seperti gula, susu kental manis, atau sirop.

Perlu diingat bahwa kandungan vitamin dan mineral pada buah berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memasukkan beragam jenis buah-buahan pada salad buah yang dikonsumsi agar asupan nutrisi yang diperoleh lebih beragam.

Bila masih memiliki pertanyaan seputar manfaat salad buah atau masih bingung dalam menentukan menu salad buah yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter, ya.