Ada kabar baik pecinta jus buah, terutama kamu yang juga penyuka buah naga. Manfaat jus buah naga ternyata cukup banyak, lho. Minuman sehat ini baik dikonsumsi karena mengandung prebiotik dan aneka nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta melancarkan pencernaan.

Buah naga adalah salah satu buah yang tumbuh di wilayah beriklim tropis, termasuk di Indonesia. Berdasarkan warna buahnya, ada beragam variasi buah naga, yaitu buah naga putih dan merah. Meskipun warnanya berbeda, cita rasa dan tekstur buah naga umumnya sama.

8 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan - Alodokter

Dalam 150 gram buah naga, apapun jenisnya, terkandung sekitar 90 kalori dan aneka nutrisi, termasuk karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, magnesium, dan zat besi. Buah naga juga termasuk salah satu sumber antioksidan yang baik.

Umumnya, buah ini bisa dikonsumsi langsung setelah dipotong atau diolah menjadi aneka hidangan, seperti salad buah, puding, dan jus atau smoothies.

Beragam Manfaat Jus Buah Naga

Selain rasanya yang manis dan bijinya renyah saat dikunyah, terdapat beberapa manfaat jus buah naga, di antaranya:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Segelas jus buah naga mengandung vitamin C, antioksidan, dan prebiotik yang baik bagi kesehatan. Aneka kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti batuk pilek atau flu.

Agar kandungan gizinya lebih tinggi dan beragam, kamu bisa mencampur jus buah naga dengan buah-buahan lain, seperti mangga, jeruk, apel, pepaya, kiwi, pisang, atau yoghurt yang rendah lemak.

2. Melancarkan pencernaan

Di dalam buah naga terkandung banyak serat alami dan air yang bisa membantu memperlancar proses pencernaan, serta mencegah sulit buang air besar (BAB). Kandungan tersebut bisa membuat tekstur tinja lebih padat dan lembut, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, jus buah naga juga mengandung prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik usus. Jadi, kalau kamu punya masalah susah BAB alias sembelit, rajin-rajinlah minum jus buah naga, ya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jus buah naga termasuk salah satu minuman sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan kalium, serat, serta lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6 di dalamnya.

Beragam nutrisi tersebut dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah, mencegah penyempitan pembuluh darah, serta membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

4. Membantu mengontrol kadar gula darah

Manfaat jus buah naga lainnya adalah membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Buah naga mengandung kadar gula yang relatif rendah, tetapi kaya akan serat, nutrisi, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Jus buah naga juga termasuk minuman dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Oleh karena itu, minuman ini bisa kamu konsumsi untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

Namun, agar manfaatnya lebih optimal, konsumsilah jus buah naga segar tanpa tambahan gula atau pemanis buatan, ya.

5. Mengurangi risiko penyakit kanker

Buah naga mengandung aneka jenis antioksidan, termasuk vitamin C, betasianin, betaxanthin, dan flavonoid. Riset menyebutkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh dan mengurangi risiko kanker.

6. Mencegah dehidrasi

Bosan minum air putih yang tawar dan hambar? Coba deh minum jus buah. Jus buah naga termasuk salah satu minuman dengan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Berkat kandungannya tersebut, jus buah naga bisa bermanfaat untuk mencukupi asupan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

7. Mencegah penuaan dini

Tak hanya sehat untuk organ di dalam tubuh, jus buah naga juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan air, vitamin B, vitamin C, dan antioksidan di dalam jus buah naga disebut dapat membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit, sehingga kulit tidak cepat mengalami penuaan.

Konsumsi buah-buahan dan minum air putih yang cukup juga bisa membantu mencegah keriput dan kulit kusam. Namun, untuk mengoptimalkan manfaat jus buah naga yang satu ini, kamu juga perlu melakukan perawatan kulit dengan baik, ya.

8. Membantu menurunkan berat badan

Rendahnya kalori dan tingginya serat dan air yang terkandung di dalam jus buah naga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makanmu lebih terkontrol dan kamu pun bisa lebih mudah mengatur porsi makanmu.

Alhasil, berat badanmu pun bisa menurun dan lebih terkontrol. Namun, dibutuhkan upaya dan kesabaran untuk memperoleh hasil yang diinginkan, ya. Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu menjalani diet sehat dan rutin berolahraga, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

Agar lebih sehat, jus buah naga sebaiknya kamu konsumsi segar tanpa gula atau pemanis tambahan lain, ya. Selain itu, kamu juga perlu sesekali mengonsumsi buah naga segar atau jenis buah lain yang kamu suka agar asupan nutrisimu tercukupi.

Meskipun jus buah naga relatif aman untuk dikonsumsi, tetapi buah ini diketahui bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Kalau setelah minum jus buah naga kamu mengalami gejala alergi, seperti gatal, kulit kemerahan, hingga mulut bengkak, segera periksakan diri ke dokter, ya.