Di balik rasanya yang lezat dan menyegarkan, ada beragam manfaat buah markisa yang sayang untuk dilewatkan. Beraneka kandungan nutrisi di dalamnya, membuat buah markisa mampu memberikan banyak kebaikan bagi tubuh.

Buah markisa memiliki rasa yang manis, asam, dan menyegarkan. Ada dua jenis buah markisa yang umum ditemukan di Indonesia, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa). Markisa ungu memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasa yang lebih manis daripada markisa kuning.

5 Manfaat Buah Markisa yang Perlu Diketahui - Alodokter

Manfaat Buah Markisa

Buah markisa merupakan salah satu buah yang rendah kalori dan padat nutrisi. Dalam 1 buah markisa, terkandung sekitar 17 kalori dan beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, protein, serat, zat besi, dan kalium.

Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi lain, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Berkat kandungan inilah buah markisa dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menangkal radikal bebas

Buah markisa kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, vitamin C, dan piceatannol. Antioksidan di dalam buah ini berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Paparan radikal bebas secara berlebihan dan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol di dalam buah markisa dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit, khususnya penyakit infeksi. Tak hanya antioksidan, manfaat ini juga berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah markisa merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang tinggi. Di dalam satu buah markisa, terkandung sekitar 2 gram serat. Berkat kandungan inilah buah markisa bisa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah menjaga kadar gula darah. Hal ini karena buah markisa memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada buah markisa juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Manfaat buah markisa ini didukung oleh beberapa studi yang menyatakan bahwa ekstrak buah markisa dapat meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengendalikan gula darah dan mencegah diabetes.

5. Meredakan nyeri sendi

Markisa juga diketahui dapat meringankan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi dan senyawa antiradang di dalamnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat tersebut diperoleh dari ekstrak kulit buah markisa yang biasanya diolah dalam bentuk suplemen. Akan tetapi, manfaat buah markisa yang satu ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

Selain beragam manfaat buah markisa di atas, buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mencegah kambuhnya gejala asma, menjaga berat badan tetap ideal, dan mencegah obesitas.

Meski demikian, beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan tersebut masih terbatas pada studi penelitian berskala kecil. Hingga saat ini, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah markisa secara medis sebagai pengobatan.

Untuk mendapatkan manfaat buah markisa dengan maksimal, pastikan Anda mencucinya secara menyeluruh lebih dulu guna menghilangkan pestisida dan bakteri di kulit buahnya.

Setelah itu, Anda bisa menikmatinya secara langsung atau diolah bersama hidangan lainnya. Buah ini biasanya diolah dengan cara dibelah dan diambil bijinya. Biji buah markisa bisa dijadikan jus, campuran salad buah, es buah, atau sebagai pelengkap yoghurt.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat buah markisa atau memiliki kondisi tertentu yang membuat Anda ragu untuk mengonsumsinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.