Tak hanya membuat Anda lebih rileks, ada banyak manfaat creambath bagi kesehatan. Creambath merupakan salah satu jenis perawatan rambut yang cukup umum dilakukan. Tak hanya di salon, creambath pun bisa Anda coba lakukan di rumah.

Creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala untuk melembapkan rambut yang kering, melembutkan dan memberi nutrisi pada rambut, serta mencegah rambut dari kerusakan. Namun, tahukah Anda bahwa istilah creambath sebenarnya hanya umum digunakan di Indonesia? Di luar negeri, perawatan ini lebih dikenal dengan sebutan hair mask.

5 Manfaat Creambath untuk Kesehatan Rambut - Alodokter

Bagaimana Creambath Dilakukan?

Pada dasarnya, creambath memang tidak jauh berbeda dengan hair mask atau hair spa. Creambath dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang kaya akan pelembap dan nutrisi ke rambut. Rambut dan kulit kepala kemudian dipijat agar krim lebih cepat meresap.

Setelah itu, kepala ditutup dengan steamer atau handuk panas dan didiamkan selama minimal 15 menit. Selanjutnya, rambut dibilas menggunakan sampo hingga bersih.

Selain menggunakan krim salon atau krim khusus creambath yang banyak dijual di pasaran, Anda juga dapat melakukan perawatan ini dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa contoh bahan tersebut adalah pisang, madu, telur, lidah buaya, minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak esensial.

Apa Saja Manfaat Creambath?

Manfaat creambath tergantung pada kandungan yang terdapat di dalam krim yang digunakan. Beberapa manfaat creambath tersebut meliputi:

1. Melembutkan rambut

Rambut kusut dan sulit diatur bisa membuat Anda mengalami bad hair day. Apalagi jika Anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk menata dan merapikannya, tetapi masih tidak membuahkan hasil.

Nah, salah satu manfaat creambath yang bisa langsung Anda rasakan adalah melembutkan rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini, pilihlah krim yang mengandung silika.

Jika ingin memakai bahan alami, Anda bisa menggunakan pisang. Pisang juga mengandung silika dan mineral yang bisa melembutkan dan membuat rambut lebih bercahaya.

2. Memperkuat helaian rambut

Creambath juga bermanfaat untuk merawat batang dan akar rambut, sehingga tidak mudah rontok. Beberapa contoh bahan alami untuk menguatkan rambut yang dapat digunakan saat creambath adalah telur dan lidah buaya.

Kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, biotin, protein, dan folat, pada kedua bahan alami tersebut dapat merangsang pertumbuhan dan menjaga kekuatan rambut. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan telur atau lidah buaya dengan madu agar rambut lebih berkilau.

3. Mengatasi rambut kering

Rambut kering cenderung mudah kusut dan rapuh. Krim yang digunakan untuk creambath umumnya mengandung minyak yang dapat membuat rambut lebih lembap. Perawatan ini lebih efektif untuk mengatasi rambut kering dibandingkan menggunakan kondisioner.

4. Memberi efek relaksasi

Selain bertujuan agar krim lebih mudah meresap, pijatan yang dilakukan terapis juga bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot di sekitar kepala, leher, dan bahu. Kulit kepala yang segar ditambah tubuh yang lebih rileks dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Tak hanya itu, pijatan di kulit kepala juga dapat melancarkan aliran darah di folikel atau akar rambut, sehingga rambut dapat lebih kuat dan sehat.

5. Memperbaiki rambut yang rusak

Penataan rambut yang kurang baik, seperti sering meluruskan, mengeriting, mewarnai, atau mencatok rambut, dapat membuat rambut lebih mudah rusak. Selain itu, paparan sinar matahari, polusi udara, dan perubahan cuaca juga dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala bermasalah.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki kerusakan rambut, Anda dianjurkan untuk melakukan creambath secara rutin.

Resep Creambath Rumahan

Creambath bisa dilakukan di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang Anda ramu sendiri. Jika belum pernah mencobanya, Anda bisa bereksperimen dengan beberapa bahan yang berbeda sampai menemukan resep creambath yang paling cocok untuk rambut Anda.

Berikut ini adalah resep creambath rumahan yang bisa Anda coba:

Creambath untuk rambut kering

Bahan-bahan:

  • 1/2–1 sendok makan madu
  • 1–2 buah pisang

Cara membuat:

  1. Kupas pisang, kemudian haluskan dengan menggunakan garpu atau blender.
  2. Tambahkan madu, lalu aduk hingga rata.
  3. Oleskan campuran bahan tersebut pada rambut dan kulit kepala.

Creambath untuk rambut rusak atau sulit diatur

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Panaskan madu dan minyak kelapa di dalam panci, kemudian aduk hingga rata.
  2. Biarkan campuran menjadi dingin, lalu oleskan pada rambut.
  3. Diamkan selama 40 menit, lalu keramas seperti biasa.

Creambath untuk rambut kering atau berketombe

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 2 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat:

  1. Campurkan ketiga bahan tersebut.
  2. Oleskan ke rambut yang basah hingga merata.
  3. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Creambath untuk menebalkan dan melebatkan rambut

Bahan-bahan:

  • 2 butir putih telur
  • 2 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat:

  1. Kocok putih telur dan minyak kelapa sampai benar-benar tercampur
  2. Oleskan pada akar hingga ujung rambut.
  3. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Meski menawarkan banyak manfaat, sebaiknya creambath tidak dilakukan terlalu sering. Agar tetap bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, Anda cukup melakukan creambath sebanyak 1–2 bulan sekali saja. Terlalu sering melakukannya justru dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh.

Jika muncul reaksi alergi atau iritasi di kulit kepala setelah melakukan creambath, misalnya kepala terasa perih atau gatal, rambut rontok, atau rambut menjadi kusut, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter agar penanganan yang tepat dapat dilakukan.