Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu Si Kecil tumbuh lebih optimal. Salah satu caranya adalah dengan memberinya minyak hati ikan kod. Selain menyehatkan fisik anak, minyak hati ikan kod juga berdampak baik bagi kesehatan mental anak.

Minyak hati ikan kod merupakan minyak yang diekstrasi dari hati ikan kod. Jenis ikan kod yang sering digunakan adalah ikan kod Atlantik dan ikan kod Pasifik. Biasanya, minyak hati ikan kod dikonsumsi dalam bentuk kapsul.

5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk Anak - Alodokter

Khasiat Minyak Hati Ikan Kod untuk Anak

Minyak hati ikan kod merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Selain itu, suplemen ini juga mengandung kadar vitamin A dan D yang sangat tinggi. Berkat kandungan nutrisinya inilah minyak hati ikan kod dapat memberikan manfaat bagi kesehatan anak.

Berikut ini adalah manfaat memberikan suplemen minyak hati ikan kod kepada anak:

1. Mencegah rakitis

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting dalam masa pertumbuhan, karena vitamin ini dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfat guna membentuk tulang yang kuat. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin D, anak akan berisiko mengalami rakitis.

Kondisi ini membuat tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga muncul kemungkinan tulang tumbuh dengan bentuk yang tidak normal. Nah, minyak hati ikan kod yang kaya akan vitamin D dapat membantu mencegah penyakit ini.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang gejalanya sudah bisa dirasakan sejak kanak-kanak. Untuk mencegah Si Kecil mengalami kondisi ini, Bunda bisa rutin memberikan suplemen minyak hati ikan kod.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen minyak hati ikan kod atau suplemen lain yang tinggi vitamin D dapat menurunkan risiko anak mengalami diabetes tipe 1. Meski penelitian ini masih perlu dikaji lebih lanjut, tidak ada salahnya memberikan suplemen ini kepada Si Kecil.

3. Mencegah pilek dan flu

Mengalami pilek dan flu tentu dapat mengganggu kenyamanan anak. Untuk mencegahnya, rutinlah memberikan minyak hati ikan kod kepada Si Kecil. Mencukupi asupan vitamin D dari suplemen minyak hati ikan kod dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga anak tidak rentan terserang pilek dan flu.

Bahkan, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa anak yang diberikan minyak hati ikan kod secara rutin akan berisiko lebih rendah mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) selain pilek dan flu, misalnya sinusitis dan radang tenggorokan.

4. Menjaga kesehatan mata

Mata merupakan organ yang memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, kesehatan mata Si Kecil harus senantiasa dijaga dengan rutin memberinya minyak hati ikan kod.

Kandungan asam lemak omega-3 pada minyak hati ikan kod dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata, sehingga mata bisa tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, vitamin A dalam minyak hati ikan kod juga bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan mata yang dapat berakhir dengan glaukoma.

5. Mencegah depresi

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami depresi, lho. Depresi pada anak tentu dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang serta kehidupan sosialnya.

Dengan rutin memberikan minyak hati ikan kod kepada Si Kecil, risikonya untuk mengalami depresi bisa menurun. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak hati ikan kod yang mampu memperbaiki suasana hati dan menjaga fungsi otak secara keseluruhan.

Bunda, itulah beragam manfaat minyak hati ikan kod untuk anak. Suplemen ini tersedia dalam banyak merek dagang dan bisa Bunda dapatkan tanpa resep dokter di apotek atau toko obat.

Jika Si Kecil tidak menyukai suplemen minyak hati ikan kod, Bunda bisa menyiasatinya dengan mencampurkan suplemen ini pada madu atau makanan yang disukai Si Kecil. Selain itu, pilihlah suplemen minyak hati ikan kod yang telah ditambahkan rasa penetral, seperti mint, jahe, atau kayu manis.

Penting untuk Bunda ingat, minyak hati ikan kod bermanfaat baik bagi kesehatan anak jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Efek samping yang mungkin muncul dari konsumsi suplemen ini secara berlebihan adalah bau mulut, mulas, hingga mimisan.

Jadi, sebelum memberikan minyak hati ikan kod kepada Si Kecil, pastikan Bunda membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan produknya, ya. Bila masih bingung, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan takaran yang tepat, sesuai kondisi kesehatan Si Kecil.