Diabetes tipe 1 adalah kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah naik melebihi batas normal akibat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin. Diabetes tipe ini biasanya dideteksi pada anak-anak dan remaja.

Kadar glukosa dalam darah dikontrol oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Ketika makanan yang masuk ke tubuh dicerna dan masuk ke aliran darah, insulin membuat gula (glukosa) dalam darah masuk ke sel untuk diubah menjadi energi.

alodokter-diabetes-tipe1

Pada penderita diabetes, di mana jumlah atau kinerja hormon insulin kurang, tubuh tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi.

Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibanding diabetes tipe 2. Diketahui hanya ada 9,5% penderita diabetes tipe 1 dari seluruh kasus diabetes di seluruh dunia.

Penyebab dan Gejala Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh kurang atau sama sekali tidak memproduksi insulin, Akibatnya, penderita diabetes tipe 1 memerlukan tambahan insulin dari luar. Kondisi ini berbeda dari diabetes tipe 2 yang terjadi akibat resistensi insulin, yaitu ketika sel tubuh menjadi kebal atau tidak responsif terhadap insulin.

Gejala diabetes tipe 1 biasanya muncul di usia anak-anak atau remaja, tetapi bisa juga baru dialami di usia dewasa. penderita kondisi ini umumnya merasakan sering buang air kecil, sering merasa haus, dan mudah lelah.

Pengobatan dan Pencegahan Diabetes Tipe 1

Pengobatan pada penderita diabetes tipe 1 bertujuan untuk menjaga kadar gula darah pada kondisi normal dan mencegah terjadinya komplikasi. Metode pengobatannya bisa dengan perubahan pola hidup sampai penggunaan obat-obatan.

Meski belum ada cara pasti yang dapat mencegah diabetes tipe 1, perkembangan kondisi ini dapat dihindari dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan ideal.