Sakit gigi sering kali mengganggu aktivitas dan membuat tubuh terasa tidak nyaman. Jika Anda sering mengalami sakit gigi, Anda bisa mencoba obat sakit gigi alami agar cepat sembuh yang bisa Anda temukan di rumah.

Sensasi berdenyut yang menyebabkan sakit kepala sering kali dirasakan saat sakit gigi. Pada kondisi tertentu, sensasi ini tidak kunjung sembuh walaupun sudah mengonsumsi obat. Hal ini tidak hanya menghambat aktivitas, tetapi juga menghadirkan rasa tidak nyaman di hampir di sekujur tubuh.

5 Pilihan Obat Sakit Gigi Alami agar Cepat Sembuh - Alodokter

Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Sebagai alternatif untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa mencoba beberapa jenis obat alami sakit gigi agar cepat sembuh di bawah ini:

1. Air garam

Beberapa orang diketahui berhasil mengobati sakit gigi dengan obat sakit gigi alami yang satu ini.

Air garam kerap disebut sebagai pertolongan pertama saat sakit gigi menyerang. Sebab, garam diketahui merupakan desinfektan alami, dan bisa membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi.

Selain itu, air garam juga diketahui mampu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka yang ada di sekitar area dalam mulut.

Caranya adalah dengan mencampurkan kurang lebih setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut.

2. Kompres air dingin

Menggunakan kompres air dingin juga merupakan cara alami untuk mengobati rasa nyeri akibat sakit gigi yang Anda alami. Saat menggunakan kompres air dingin, pembuluh darah pada area yang Anda kompres akan menyempit. Hal ini diketahui dapat mengurangi rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan pada area tersebut.

3. Bawang putih

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami sakit gigi cepat sembuh, Anda bisa menghancurkan beberapa siung bawang putih hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan ke area gigi yang sakit.

Bawang putih diketahui dapat meredakan sakit gigi karena kandungan allicin yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji disebut-sebut memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengobati sakit gigi. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan mencuci bersih dan mengunyahnya, atau hancurkan daun jambu biji tersebut, kemudian rebus, dan gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur.

5. Kompres teh pepermin

Teh pepermin kini sudah banyak dijual di pasaran dan Anda bisa menggunakannya untuk meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan mendinginkan kantung teh basah bekas pakai ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan ke area gigi yang terasa sakit.

Kompres teh pepermin tersebut diketahui mampu meredakan dan menenangkan rasa sakit dan nyeri akibat sakit gigi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika tidak ada perbaikan setelah menggunakan obat alami sakit gigi agar cepat sembuh di atas, terlebih jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.