Buah jambu biji sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia berkat rasanya yang manis dan kandungan nutrisi di dalamnya. Namun tidak hanya buah, daun jambu biji ternyata juga memiliki banyak manfaat.

Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang dikenal kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Buah ini juga memiliki manfaat dalam meringankan diare, batuk, diabetes, kolik, katarak, kolesterol tinggi, penyakit jantung, serta penyakit kanker. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui manfaat daun jambu biji, yang juga penting bagi kesehatan tubuh.

Ambil Manfaat Daun Jambu Biji, Tidak Hanya Buahnya - Alodokter

Memahami Manfaat Daun Jambu Biji

Daun jambu biji diduga juga memiliki manfaat kesehatan yang hampir sama dengan isi buahnya. Berikut beberapa manfaat dari daun jambu biji:

  • Mengandung antioksidan
    Tidak hanya buah jambu biji yang mengandung antioksidan, tapi daun jambu biji juga memiliki antioksidan yang dapat mencegah efek berbahaya dari proses oksidasi, yaitu pelepasan molekul radikal bebas.  Kita sering mengalami paparan radikal bebas dalam kegiatan sehari-hari, misalnya akibat polusi, obat-obatan, bahkan jenis makanan tertentu. Radikal bebas dapat memicu gangguan kesehatan, seperti penyempitan dan pengerasan pembuluh darah (ateroklerosis), kanker, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis artritis.
  • Meringankan kram perut saat haid
    Nyeri haid biasanya dirasakan pada perut bagian bawah. Untuk sebagian wanita, nyeri haid bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kram perut yang terjadi sebelum atau saat haid (dysmenorrhea) diduga dapat diatasi dengan ekstrak daun jambu biji yang mengandung 6 miligram flavonoid per hari.
  • Memperbaiki kondisi penderita prediabetes dan diabetes
    Prediabetes yaitu kondisi ketika tingkat gula darah lebih tinggi dari kadar normal, namun belum termasuk kategori diabetes. Pradiabetes kemungkinan akan berkembang menjadi diabetes dalam waktu kurang dari 10 tahun jika tidak diatasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun jambu biji yang diolah menjadi teh, dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita prediabetes dan diabetes. Namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan keamanannya.

Daun jambu biji mudah ditemukan dan banyak terdapat di sekitar kita. Namun bila Anda ingin menggunakannya untuk mencoba beragam manfaat daun jambu biji seperti yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya tetap berhati-hati. Konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi daun jambu biji atau produk herba dari daun tersebut, apalagi jika digunakan bersama obat-obatan lain.