Hidung tersumbat merupakan kondisi yang umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Nah, ada beragam cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba. Cara ini diketahui cukup efektif dan dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah.

Hidung tersumbat terjadi akibat adanya iritasi dan pembengkakan di dalam hidung Tak hanya tersumbat, hidung juga kerap menghasilkan lebih banyak lendir atau ingus yang kental dan sulit dikeluarkan. Gejala ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari flu, COVID-19, alergi, hingga sinusitis.

6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Ampuh - Alodokter

Kondisi hidung yang tersumbat sering menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri di wajah atau kepala, dan sulit bernapas karena aliran udara yang masuk melalui rongga hidung terhambat. Untuk melegakan gejala hidung tersumbat, ada beragam cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Berbagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Umumnya, hidung tersumbat dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu tanpa memerlukan perawatan medis tertentu. Namun, kondisi ini terkadang juga bisa berlangsung lebih lama.

Agar hidung dapat lega kembali, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Mengonsumsi banyak cairan

Konsumsi banyak cairan, seperti air putih, air kaldu, dan jus, diketahui bisa mengencerkan lendir yang menumpuk pada hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Anda juga bisa mengonsumsi sup dan minuman hangat untuk meredakan hidung tersumbat dan gejala lain yang menyertainya, seperti sakit tenggorokan.

2. Mengompres wajah dan mandi dengan air hangat

Mengompres wajah dan mandi dengan air hangat juga mampu mengurangi gejala hidung tersumbat sekaligus meringankan nyeri di wajah. Hal ini karena uap dari air panas bisa membuka rongga hidung dan mengencerkan lendir di dalam hidung yang sulit dikeluarkan.

3. Menggunakan alat pelembap udara

Udara yang kering bisa membuat iritasi di hidung semakin parah, sehingga memperburuk gejala hidung tersumbat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier untuk melembapkan udara di ruangan.

Dengan udara yang lebih lembap, iritasi dapat berkurang dan lendir yang menyumbat hidung pun bisa lebih mudah Anda keluarkan.

4. Mengoleskan balsam

Cara mengatasi hidung tersumbat lainya adalah dengan mengoleskan balsam dengan kandungan mentol di bagian dada dan atas bibir. Aroma mentol ini bisa melegakan hidung yang tersumbat dan membuat Anda bernapas lebih baik.

5. Menggunakan larutan saline

Anda pun bisa menggunakan larutan saline untuk mengatasi gejala hidung tersumbat. Larutan ini mampu membersihkan rongga hidung dari lendir dan mencegah hidung menjadi kering.

6. Mengonsumsi obat-obatan

Selain rangkaian tips di atas, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda hidung tersumbat, seperti obat flu atau obat pilek akibat alergi. Obat-obatan ini umumnya mengandung dekongestan atau antihistamin.

Tak jarang, obat-obatan tersebut juga mengandung obat pereda demam sekaligus nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, sebelum mengonsumsi obat, pastikan Anda telah mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan obat.

Untuk ibu hamil atau bila Anda memiliki alergi terhadap kandungan obat yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi obat apa pun agar lebih aman

Selain beragam cara meredakan hidung tersumbat seperti di atas, Anda juga disarankan untuk beristirahat yang cukup serta tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi guna membantu bernapas dengan lebih nyaman.

Bagi penderita alergi, disarankan pula untuk menghindari pemicu alergi yang menyebabkan hidung tersumbat, misalnya debu, asap rokok, serbuk sari, hingga binatang peliharaan, seperti kucing atau anjing.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan. Bila kondisi hidung tersumbat tak kunjung reda setelah 10 hari dan disertai demam tinggi, kulit dan bibir kebiruan, atau bahkan sulit bernapas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.