Cara mengusir tikus tidak hanya dengan menggunakan racun, tetapi juga bisa dengan bahan-bahan alami yang cenderung lebih aman. Memperhatikan keamanan dalam mengusir tikus penting dilakukan supaya hewan tersebut bisa terusir tanpa membahayakan penghuni rumah, termasuk hewan peliharaan kesayangan Anda. 

Tikus adalah hewan pengerat yang tidak hanya dapat mengotori rumah, mencuri makanan, dan merusak perabot rumah, tetapi juga bisa membawa penyakit menular yang membahayakan kesehatan.

6 Cara Mengusir Tikus yang Efektif - Alodokter

Tikus terbilang mudah untuk berkembang biak sampai berkali-kali lipat sehingga perlu dilakukan berbagai cara mengusir tikus yang tepat dan aman. Dengan demikian, hewan pengerat ini bisa tidak lagi mondar-mandir di rumah Anda.

Begini Cara Mengusir Tikus

Mengusir tikus menggunakan racun memang menjadi cara yang paling populer dan terbilang ampuh. Namun, racun tikus juga bisa membahayakan kesehatan jika Anda atau hewan peliharaan kesayangan tidak sengaja mengonsumsinya. 

Sebelum menggunakan cara ini, ada beberapa cara mengusir tikus lainnya yang patut untuk dicoba: 

1. Menggunakan minyak esensial

Penggunaan minyak esensial tertentu dari peppermint, minyak cengkeh, minyak kayu putih, dan kayu manis bisa membantu mengusir tikus. Ini karena aroma yang dikeluarkan dari minyak esensial ini cukup menyengat, sehingga tikus tidak menyukainya. 

Cara mengusir tikus dengan metode ini juga mudah. Anda hanya perlu membasahi kapas dengan minyak esensial. Setelah itu, letakkan kapas ini di area yang biasa dilewati oleh tikus, seperti laci, lemari, atau pintu masuk rumah. 

2. Menyemprotkan larutan air cabai

Daripada menggunakan racun, Anda lebih disarankan untuk menggunakan bubuk cabai sebagai larutan untuk mengusir tikus di rumah. Cara membuat larutannya juga tidak sulit. Anda hanya perlu melarutkan bubuk cabai dengan sedikit air lalu semprotkan larutan ini ke area yang sering dilewati tikus, seperti kompor, laci, atau belakang lemari. 

Hindari menyemprotkan air cabai pada area yang sering dijangkau oleh anak atau hewan peliharaan supaya mereka tidak menghirup atau menyentuh cairan ini. 

3. Memasang perangkap tikus

Salah satu cara mengusir tikus yang efektif dan dilakukan banyak orang adalah memasang perangkap tikus di dapur atau area yang dicurigai ada tikusnya. Ketika memasang perangkap tikus, Anda perlu meletakkan makanan ke dalamnya supaya tikus tertarik untuk masuk ke dalam perangkap dan terjebak. 

Karena tikus umumnya akan mencari makan pada malam hari, pasanglah perangkap tikus pada sore hari. Dengan begitu, hasil perangkap tikus bisa terlihat pada keesokan paginya. 

4. Mengoleskan lem tikus pada papan

Selain menggunakan perangkap tikus, Anda juga bisa menangkap tikus menggunakan lem tikus. Lem tikus bisa Anda dapatkan di toko kelontong atau toko online dengan mudah. Cara mengusir tikus dengan metode ini adalah dengan meletakkan lem tikus di area yang sering dilewati oleh tikus. 

Tikus nantinya akan menempel pada lem tersebut sehingga Anda hanya perlu membuangnya jauh-jauh. 

5. Menyebarkan kapur barus 

Bila di rumah ada kapur barus, Anda bisa menyebarkannya ke area yang sering dilewati tikus, contohnya di bawah laci atau lemari. Sama halnya dengan penggunaan minyak esensial, kapur barus juga memiliki bau yang cukup menyengat sehingga bisa membantu mengusir tikus. 

Namun, perlu diingat bahwa cara mengusir tikus memakai kapur barus harus dilakukan secara hati-hati. Kapur barus merupakan golongan pestisida dengan kandungan naftalena dan paradichlorobenzene yang mungkin bisa membahayakan kesehatan jika terhirup secara berlebih atau terus-menerus. Beberapa efek samping dari paparan kapur barus adalah sakit kepala, muntah, dan diare.

6. Menggunakan racun tikus

Bila tikus masih juga berseliweran di rumah, Anda bisa mengatasinya memakai racun tikus. Namun, perlu diingat kembali bahwa penggunaan racun tikus harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Racun tikus harus diletakkan di area yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak maupun hewan kesayangan guna meminimalkan terjadinya keracunan. Selain itu, segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir setelah bersentuhan dengan bahan-bahan kimia untuk mengusir tikus.

Jika tikus di rumah Anda sudah terbasmi atau tidak ada lagi, jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah dengan baik. Tutuplah wadah makanan dengan rapat dan jangan biarkan ada makanan yang tercecer di rumah supaya tikus tidak tertarik untuk datang. Selain menjaga kebersihan rumah, tutuplah pintu atau jendela dengan rapat, terutama di area yang mudah dimasuki oleh tikus. 

Jika ada celah atau lubang di rumah, segera tutup dengan logam atau semen supaya tidak menjadi ruang untuk tikus masuk ke dalam rumah. Jangan menutup celah atau lubang tersebut menggunakan saringan plastik, karet, vinil, busa, atau kayu karena bisa digerogoti tikus.

Bila berbagai cara mengusir tikus dan cara mencegah tikus datang sudah dilakukan tetapi hewan pengerat ini masih juga berhasil masuk ke rumah, Anda bisa menghubungi jasa pengendali hama atau tikus. Mereka biasanya memiliki pengetahuan dan peralatan yang mumpuni dalam menangkap tikus.

Apabila tangan Anda tergigit tikus secara tidak sengaja ketika sedang melakukan berbagai cara mengusir tikus, segera cuci tangan Anda menggunakan air bersih dan sabun antibakteri. Setelah itu, keringkan tangan dan pergi ke dokter untuk mendapatkan salep antibiotik atau obat lainnya.