Ada beragam manfaat teh hibiscus bagi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan melawan radikal bebas berlebih. Teh ini memiliki cita rasa asam yang segar dan bisa dinikmati baik hangat maupun dingin. Simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

Teh hibiscus adalah teh herbal yang terbuat dari Hibiscus rosa sinesis atau yang biasa kita sebut dengan kembang sepatu. Tanaman ini berada dalam satu keluarga dengan bunga rosella yang sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Meski tidak sepopuler teh rosella, manfaat teh hibiscus tidak kalah menarik.

7 Manfaat Teh Hibiscus bagi Kesehatan - Alodokter

Beragam Manfaat Teh Hibiscus bagi Kesehatan

Beragam manfaat teh hibiscus umumnya didapat dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah adalah salah satu manfaat teh hibiscus yang paling terkenal. Kandungan antioksidan dalam teh hibiscus, seperti polifenol, flavonoid, dan fenol, bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, sehingga menurunkan risiko Anda menderita hipertensi dan penyakit jantung.

2. Menurunkan kadar lemak dalam darah

Selain menurunkan tekanan darah, teh hibiscus juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam darah. Teh hibiscus dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Hal ini pada akhirnya juga bisa menurunkan risiko Anda mengalami penyakit jantung koroner dan obesitas.

3. Melawan radikal bebas berlebih

Seperti yang disebutkan di atas, kadar antioksidan dalam teh hibiscus cukup tinggi. Antioksidan secara umum berfungsi untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh kerusakan tersebut.

4. Mencegah kanker

Mengonsumsi teh hibiscus secara rutin juga dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh. Pasalnya, teh hibiscus kaya akan antosianin, yakni pewarna alami yang sudah terbukti memiliki sifat anti-kanker yang baik.

5. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari konsumsi teh hibiscus adalah terkontrolnya kadar gula darah, terutama jika Anda menderita diabetes tipe 2. Kandungan polifenol dalam teh hibiscus mampu merangsang produksi hormon insulin dalam tubuh sebagai pengendali gula darah.

6. Melawan infeksi

Selain sifat antioksidan dan anti-kanker, teh hibiscus juga diduga memiliki sifat anti-bakteri. Pada sebuah penelitian, ekstrak bunga kembang sepatu diketahui dapat memerangi bakteri penyebab berbagai infeksi, mulai dari bronkitis, pneumonia, diare, hingga infeksi saluran kemih.

7. Mencegah peradangan

Ekstrak bunga kembang sepatu juga diketahui dapat meredakan peradangan serta mengurangi demam dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Oleh karena itu, teh hibiscus juga diduga dapat memberikan manfaat ini.

Cara Menyajikan Teh Hibiscus

Selain membawa banyak manfaat, teh hibiscus juga lezat dan sangat mudah untuk disiapkan di rumah. Berikut ini adalah cara menyajikan teh hibiscus:

  1. Masukkan teh hibiscus (bunga sepatu kering) ke dalam teko.
  2. Tambahkan air mendidih ke dalam teko berisi teh hibiscus.
  3. Biarkan bunga terendam selama 5 menit.
  4. Saring teh hibiscus.
  5. Tambahkan gula atau madu sesuai selera jika ingin menambahkan rasa manis.
  6. Nikmati selagi hangat atau tambahkan es batu jika ingin menghidangkannya dingin.

Meski ada banyak manfaat teh hibiscus bagi kesehatan tubuh, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk benar-benar menjadikan teh hibiscus sebagai salah satu pengobatan herbal.

Untuk meraih manfaat teh hibiscus dengan maksimal, tentunya Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan olahraga teratur. Jika memang memiliki kondisi yang telah disebutkan sebelumnya, Anda tidak disarankan untuk menggunakan teh ini sebagai pengobatan utama.

Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait konsumsi teh hibiscus sebagai terapi tambahan untuk kondisi yang Anda alami. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat teh hibiscus dengan aman, tanpa mengganggu pengobatan yang sedang Anda jalani.