Manfaat rosela bagi kesehatan tubuh tidaklah sedikit. Tanaman yang kerap diolah dan dikonsumsi sebagai teh herbal ini dipercaya dapat mencegah darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, ada beragam manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari rosela.

Rosela (Hibiscus sabdariffa) merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang berasal dari Afrika. Namun, rosela kini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Ketahui 7 Manfaat Rosela untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Di Indonesia sendiri, rosela kerap diolah menjadi teh herbal. Selain itu, rosela juga tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari selai, sirop, hingga obat kapsul dan serbuk.

Kandungan Nutrisi Rosela

Ragam manfaat yang ditawarkan rosela tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam rosela:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Tak hanya itu, rosela juga mengandung beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol.

Beragam Manfaat Rosela untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi rosela, di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu khasiat rosela yang paling populer adalah mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi rosela secara rutin selama 2–6 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan.

Bahkan, ada pula penelitian yang menunjukkan rosela lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan beberapa jenis obat yang sering diresepkan untuk penderita hipertensi ringan hingga sedang.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi rosela untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Rosela dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu, rosela juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kombinasi manfaat ini membuat rosela baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes tipe 2.

3. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rosela mampu menurunkan tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dengan demikian, rosela bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga fungsi hati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak rosela selama 12 minggu, dapat mengurangi penumpukan lemak di hati yang merupakan salah satu penyebab gagal hati.

Tak hanya itu, sebuah riset juga menyatakan bahwa konsumsi rosela dapat mengurangi risiko kerusakan hati akibat konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. Meski demikian, manfaat rosela dalam menjaga kesehatan organ hati masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Menangkal efek radikal bebas

Rosela merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti kanker.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam rosela berpotensi untuk mencegah penuaan dini serta menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

6. Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Manfaat rosela selanjutnya adalah melawan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit pneumonia, bronkitis, dan infeksi saluran kemih.

Meski demikian, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium saja. Oleh karena itu, efektivitas rosela dalam mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Mencegah risiko obesitas

Tak hanya menangkal efek radikal bebas, kandungan antioksidan dalam rosela juga mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga dapat mencegah obesitas.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi rosela, Anda juga perlu rutin berolahraga dan menjalani pola makan sehat untuk mencegah obesitas dan menjaga berat badan tetap ideal.

Selain menawarkan berbagai manfaat di atas, rosela juga dipercaya bermanfaat untuk meredakan demam, mengobati gejala pilek, dan mengatasi sembelit. Meski demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikan berbagai klaim manfaat rosela ini.

Terlepas dari berbagai manfaat yang dapat diberikan, rosela juga berpotensi menimbulkan efek interaksi obat apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat atau suplemen lain. Contohnya adalah konsumsi rosela bersamaan dengan obat hipertensi dapat menyebabkan tekanan darah terlalu rendah atau hipotensi.

Oleh karena itu, agar lebih aman, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi rosela, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.