Cara mengusir nyamuk tidak hanya sekadar menggunakan obat nyamuk semprot atau losion antinyamuk. Ada beragam cara dan bahan-bahan alami yang diketahui cukup efektif untuk mengusir nyamuk, sekaligus aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Ada beragam cara mengusir nyamuk, mulai dari menggunakan obat nyamuk bakar, semprotan nyamuk, hingga losion antinyamuk. Penggunaan produk berbahan kimia tersebut memang dapat memberikan hasil cepat dalam mencegah gigitan nyamuk, tetapi juga berisiko menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

7 Cara Mengusir Nyamuk secara Alami - Alodokter

Untuk meminimalkan efek samping yang dapat muncul, Anda dapat mengganti penggunaan produk pengusir nyamuk berbahan kimia dengan bahan-bahan alami sebagai salah satu cara mengusir nyamuk.

Selain menggunakan bahan alami, ada pula cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk.

Beberapa Cara Mengusir Nyamuk secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara dan bahan alami yang dapat Anda lakukan dan gunakan untuk mengusir nyamuk:

1. Menyemprotkan minyak kayu manis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu manis dapat membasmi telur nyamuk dan nyamuk yang berukuran besar. Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan 120 ml air dengan 24 tetes (1/4 sendok teh) minyak kayu manis. Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut ke pakaian, barang, dan tanaman.

Semprotkan juga cairan minyak kayu manis ini di sekitar rumah atau tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Minyak kayu manis ini bisa dioleskan ke kulit, tetapi hati-hati dalam penggunaannya karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

2. Mengoleskan minyak serai wangi

Minyak serai yang juga dikenal dengan minyak citronella, juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Efektivitas minyak serai dalam mencegah gigitan nyamuk diketahui serupa dengan minyak kayu manis dan bahkan DEET yang terkandung dalam losion antinyamuk.

Jika dioleskan ke kulit, minyak serai dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk hingga 2 jam. Setelah itu, Anda perlu mengoleskannya lagi beberapa saat kemudian bila dibutuhkan.

3. Mengoleskan minyak kedelai

Cara mengusir nyamuk secara alami lainnya adalah dengan mengoleskan minyak kedelai. Minyak kedelai terbukti efektif mencegah gigitan nyamuk, terutama nyamuk Anopheles. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih tahan lama dan aman digunakan untuk anak-anak.

Anda juga bisa mencampurkan minyak serai ke dalam minyak kedelai untuk hasil yang lebih efektif dalam menangkal berbagai jenis nyamuk.

4. Menggunakan minyak lemon eukaliptus

Minyak lemon eukaliptus sudah sejak lama digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk dan bahkan lebih tahan lama dalam melindungi kulit, yaitu sekitar 3 jam.

Meski alami, minyak lemon eukaliptus tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 3 tahun.

5. Mengenakan pakaian panjang

Pakaian yang menutupi seluruh tubuh diketahui efektif sebagai cara mengusir nyamuk. Pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat agar perlindungan dari gigitan nyamuk dapat dirasakan secara maksimal tanpa terasa gerah. Hindari warna pakaian yang gelap, karena justru akan menarik perhatian nyamuk.

6. Menyalakan kipas angin

Angin yang dihasilkan kipas angin akan membuat nyamuk sulit terbang atau bergerak di udara. Hal ini dapat mencegah nyamuk hinggap di kulit, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengusir nyamuk secara alami.

7. Mengeringkan genangan air

Genangan air di sekitar rumah adalah tempat terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, tutup semua benda yang berpotensi menjadi tempat genangan air, seperti kolam, pot bunga yang tidak terpakai, tempat sampah, dan bak mandi.

Selain beberapa cara mengusir nyamuk di atas, Anda juga dapat menggunakan kelambu saat tidur atau memelihara tamanan pengusir nyamuk.

Jika tidak bisa membuat sendiri di rumah, Anda dapat membeli minyak alami dalam bentuk kemasan yang dijual di pasaran. Namun, pastikan minyak yang Anda beli telah terdaftar di BPOM untuk menjamin kualitas dan keamanannya.

Cara mengusir nyamuk menggunakan bahan alami di atas juga dapat dilakukan oleh ibu hamil. Meski demikian, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter kandungan mengenai aman atau tidaknya penggunaan minyak alami tersebut bagi kesehatan Anda dan janin.

Jika Anda mengalami gejala tertentu setelah menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk, seperti pusing, mual, dan sesak napas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Dokter juga akan memberi tahu mengenai cara mengusir nyamuk yang sesuai kondisi kesehatan Anda.