Cara mencegah asam lambung naik penting untuk diketahui. Pasalnya, gejala yang disebabkan naiknya asam lambung sering kali sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, jika Anda adalah salah satu yang mengalaminya, mari ketahui cara pencegahannya di sini!

Cara mencegah asam lambung naik bisa dibilang cukup sederhana. Kondisi yang disebut juga dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) ini bisa dicegah dengan perbaikan pola makan dan pola kebiasaan hidup. Namun tentu saja, cara-cara ini perlu dilakukan dengan rutin dan disiplin.

Begini Cara Mencegah Asam Lambung Naik - Alodokter

Berbagai Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah asam lambung naik yang sekaligus bisa meningkatkan kualitas hidup Anda:

1. Makan dalam porsi kecil dan sering

Makan dalam porsi yang kecil dan cukup sering adalah salah satu cara mencegah asam lambung naik. Bagi penderita GERD, makan 5 kali sehari dalam porsi kecil lebih baik daripada makan 3 kali sehari dalam porsi besar.

Ketika makan dalam porsi besar, lambung Anda akan menampung beban yang lebih besar, sehingga tekanan dalam perut pun meningkat. Akibatnya, makanan dan asam di lambung dapat terdorong kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa perih di ulu hati atau bahkan hingga ke dada.

2. Turunkan berat badan berlebih

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah faktor pemicu asam lambung naik yang terbesar. Kondisi ini bisa terjadi karena penumpukan lemak di area perut dapat memberikan tekanan ekstra pada perut, sehingga asam lambung dapat terdorong kembali ke kerongkongan.

Oleh sebab itu, menurunkan berat badan yang berlebih dapat membantu mencegah asam lambung naik. Di samping itu, menjaga berat badan ideal juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan, misalnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes serta penyakit jantung.

3. Jangan makan sebelum tidur

Bagi Anda yang sering mengalami asam lambung naik, sangat disarankan untuk menghindari ngemil atau makan sebelum Anda tidur, karena kebiasaan ini dapat memperburuk gejala asam lambung.

Saat Anda berbaring atau tidur segera setelah makan, gravitasi akan menarik isi perut Anda ke arah kerongkongan. Oleh karena itu, tidurlah ketika isi lambung telah dikosongkan ke usus halus, kira-kira 2–3 jam setelah makan.

4. Tinggikan kepala tempat tidur

Beberapa orang dapat mengalami gejala asam lambung naik pada malam hari meskipun mereka telah membatasi waktu makannya. Hal ini tentu dapat mengganggu kualitas tidur.

Jika mengalami ini, Anda bisa mencegah asam lambung naik dengan meninggikan posisi kepala dan dada hingga 15–20 cm. Untuk melakukan ini, gunakan balok atau busa penyangga di bawah kasur Anda. Menggunakan bantal tambahan tidak disarankan karena hal ini justru bisa menambah tekanan pada perut.

5. Konsumsi obat-obatan dari dokter

Sebagian besar orang bisa mengatasi asam lambung naik dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Namun, sebagian yang lain, terutama yang gejalanya sudah parah, membutuhkan obat-obatan dari dokter sebagai cara mencegah asam lambung naik.

Untuk mengatasi dan mencegah asam lambung naik, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan berikut ini:

  • Antasida, untuk meredakan gejala asam lambung dalam jangka pendek
  • Antagonis H2, untuk mengurangi produksi asam lambung, seperti ranitidin
  • Penghambat pompa proton, seperti omeprazole dan lansoprazole, yang lebih efektif dibandingkan antagonis H2

Selain melakukan cara-cara di atas untuk mencegah asam lambung naik, Anda juga sebaiknya menghindari makanan penyebab naiknya asam lambung, seperti makanan yang digoreng, berlemak, pedas, atau asam. Kurangi juga asupan alkohol, teh, kopi, dan minuman berkarbonasi seperti soda.

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah asam lambung naik adalah meredakan stres dengan yoga atau meditasi, mengunyah permen karet setelah makan, dan mengenakan pakaian yang longgar.

Perubahan pada pola makan dan gaya hidup dapat menjadi cara mencegah asam lambung naik yang efektif. Selain itu, jika Anda mendapatkan obat-obatan dari dokter, konsumsilah obat-obatan tersebut sesuai anjuran.

Apabila gejala asam lambung naik tidak juga membaik meski telah menerapkan cara-cara di atas dan obat-obatan dari dokter pun tidak membantu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kembali ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat.