Makanan cepat saji atau fast food, seperti pizza, hamburger, donat, atau keripik kentang, memang selalu menggoda untuk disantap. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini diduga dapat menurunkan tingkat kesuburan. Lantas, apakah anggapan ini benar?

Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak kalori, lemak, garam, dan gula, tetapi rendah nutrisi yang diperlukan tubuh. Konsumsi makanan jenis ini untuk sehari-hari sebenarnya tidak disarankan. Namun, karena alasan praktis, cepat, enak dan mengenyangkan, akhirnya tidak sedikit orang yang menggemarinya.

Benarkah Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji Menurunkan Kesuburan? - Alodokter

Kaitan Antara Makanan Cepat Saji dan Kesuburan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan cepat saji sebanyak ≥4 kali dalam seminggu cenderung lebih susah hamil.

Tidak hanya pada wanita, konsumsi makanan cepat saji yang tidak terkontrol juga berpengaruh pada kesuburan pria. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa pria yang terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat mengalami penurunan kualitas sperma, baik dalam kemampuan bergerak, bentuk, hingga materi pembentuk (DNA) sperma.

Makanan cepat saji juga diketahui mengandung phthalate yang dapat memengaruhi hormon dan mengganggu kerja sistem reproduksi. Paparan dari zat ini pada ibu hamil juga mungkin menyebabkan cacat lahir pada bayi. Meski demikian, penelitian mengenai hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

Selain mengganggu kesuburan, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga meningkatkan risiko terjadinya obesitas, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin. Ketiga kondisi ini dapat memicu banyak penyakit lainnya, seperti eksim, asma, osteoporosis, penyakit jantung, hingga depresi.

Makanan yang Bagus untuk Meningkatkan Kesuburan

Untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan, kamu dan pasangan disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti:

  • Buah-buahan, seperti jeruk, jeruk bali, alpukat, delima, atau nanas
  • Sayuran, seperti bayam atau kangkung
  • Makanan laut, seperti salmon atau tiram
  • Susu rendah lemak dan produk olahannya
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti walnut, kacang merah, dan biji bunga matahari
  • Telur

Menikmati makanan cepat saji sebenarnya boleh saja. Namun, makanan ini cenderung tinggi lemak, gula, maupun senyawa kimia yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan fungsi reproduksi pria maupun wanita.

Oleh karena itu, konsumsi jenis makanan ini harus dibatasi, misalnya sebulan sekali, dan juga diimbangi dengan porsi makanan sehat yang lebih banyak, apalagi jika kamu sedang berusaha hamil atau mengalami kelebihan berat badan.

Mengubah pola hidup dan mengatur pola makan menjadi lebih sehat bisa membantu kamu dan pasangan untuk segera mendapatkan momongan. Namun, bila usaha yang dilakukan setelah sekian lama belum juga berhasil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.