Bagi Anda yang merasa sulit hamil atau sedang merencanakan kehamilan, ada beragam makanan penyubur kandungan yang bisa Anda coba. Tak hanya diketahui dapat meningkatkan kesuburan, berbagai jenis makanan ini juga baik untuk kesehatan tubuh.

Asupan nutrisi turut memengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Ketika wanita tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, ia berisiko mengalami kesulitan untuk hamil. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan penyubur kandungan baik dilakukan sebagai upaya agar cepat mendapatkan momongan.

9 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil - Alodokter

Namun, tak hanya wanita, pria pun juga harus sama-sama memperhatikan asupan nutrisi guna menjaga kesuburannya.

Jenis Makanan Penyubur Kandungan

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyubur kandungan yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk meningkatkan peluang hamil:

1. Sayuran hijau

Berbagai sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, dan kubis, merupakan jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program hamil.

Selain kaya akan serat, protein, dan vitamin, aneka sayuran hijau tersebut juga mengandung antioksidan, folat, dan zat besi yang dapat menyuburkan kandungan.

2. Buah jeruk

Selain dikenal sebagai sumber vitamin C, buah jeruk juga mengandung kalium, kalsium, folat, dan antioksidan yang diketahui dapat meningkatkan kualitas sel telur serta melancarkan siklus menstruasi dan ovulasi.

Selain buah jeruk, buah lain dengan kandungan nutrisi serupa meliputi kiwi, tomat, mangga, dan stroberi. Buah-buahan ini tentu baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan.

3. Alpukat

Tidak hanya buah jeruk, alpukat juga termasuk makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Buah yang satu ini bahkan mengandung vitamin K yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi secara efektif dan menjaga keseimbangan hormon.

4. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein, asam amino, dan asam lemak omega-3 yang baik. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, ikan salmon dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah meningkatkan kesuburan.

Tak hanya itu, ikan salmon juga baik dikonsumsi untuk mendukung perkembangan otak janin serta menambah berat badannya.

Sayangnya, ikan ini tergolong mahal dan sulit dijangkau oleh sebagian orang. Namun, sebagai alternatif, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi jenis ikan lain yang kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda, seperti ikan tuna, tongkol, tenggiri, dan sarden.

5. Tiram

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan zat besi dan zinc dalam makanan laut, seperti tiram, berperan penting dalam meningkatkan kesuburan wanita.

Tak hanya itu, makanan ini juga dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda dan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

6. Kacang kenari

Kacang kenari merupakan jenis kacang-kacangan yang sering direkomendasikan bagi Anda yang ingin cepat hamil. Selain tinggi serat dan omega-3, kacang kenari diketahui mengandung magnesium yang berperan penting dalam meningkatkan produksi hormon progesteron dan melancarkan aliran darah ke rahim untuk membantu kesuburan.

7. Biji bunga matahari

Meski berbentuk kecil, biji bunga matahari menyimpan beragam nutrisi penting untuk meningkatkan kesuburan, mulai dari vitamin E, folat, selenium, antioksidan, hingga asam lemak omega-6. Jenis makanan ini tentu sangat baik dikonsumsi sebagai camilan yang menyehatkan.

8. Telur

Tingginya asam amino di dalam telur menjadikan makanan ini baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, jenis asam amino seperti arginin, sering ditambahkan ke dalam suplemen kesuburan untuk meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium.

9. Susu dan produk olahannya

Makanan penyubur kandungan selanjutnya yang tak kalah penting adalah susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Untuk pilihan yang baik, Anda justru  dianjurkan untuk mengonsumsi susu yang kaya lemak karena dapat meningkatkan kesuburan.

Selama menerapkan pola asupan makanan penyubur kandungan, sebaiknya hindari konsumsi makanan mentah, makanan yang mengandung lemak, serta minuman beralkohol dan berkafein, karena dapat mengganggu kesuburan.

Apabila Anda belum juga hamil meski sudah rutin mengonsumsi makanan penyubur kandungan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan solusi lain agar Anda cepat hamil, termasuk penggunaan obat penyubur kandungan atau prosedur bayi tabung.