Manfaat buah belimbing untuk kesehatan anak tidak perlu diragukan lagi, Bun. Mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai menstabilkan kadar gula dalam darah bisa Si Kecil dapat dari mengonsumsi buah bercita rasa asam-manis menyegarkan ini. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak di artikel ini!

Buah belimbing memiliki nama latin Averrhoa carambola. Selain nikmat, buah belimbing juga mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, folat, kolin, serat, serta vitamin A dan C.

Beragam Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Anak - Alodokter

6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Anak

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, wajar saja bila mengonsumsi buah belimbing bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk anak, di antaranya:

1. Mendukung kesehatan jantung

Kalium dan natrium pada buah belimbing merupakan elektrolit yang dapat menjaga tekanan darah dan denyut jantung agar tetap stabil. Selain kalium, kalsium pada buah ini juga dapat membantu otot pembuluh darah menjadi lebih rileks, sehingga menurunkan risiko terjadinya peningkatan tekanan darah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam 100 gram buah belimbing terdapat sekitar 34 miligram vitamin C. Vitamn C berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, agar ia tidak mudah sakit.

Selain itu, senyawa seperti quercetin, gallic acid, dan epicatechin yang terkandung dalam belimbing merupakan antioksidan yang baik untuk menangkal efek radikal bebas.

3. Menyehatkan saluran cerna

Buah belimbing mengandung serat dan air. Mengonsumsi cukup serat dan air setiap harinya akan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, melunakkan tinja, serta menurunkan risiko terjadinya sembelit.

4. Menstabilkan kadar gula darah

Perlu Bunda ketahui, serat yang terkandung dalam buah belimbing tidak hanya baik untuk saluran pencernaan saja, tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan adanya efek ekstrak belimbing untuk meningkatkan produksi insulin. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efektivitasnya dalam pengobatan diabetes.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Saat anak sedang aktif, maka risiko untuk terjatuh dan mengalami luka tidak terhindarkan ya, Bun. Nah, belimbing merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Ketika anak terluka, vitamin ini membantu produksi kolagen dan perbaikan jaringan, sehingga mempercepat penyembuhan luka.

6. Menjaga kesehatan sistem pernapasan

Belimbing memiliki efek antiradang yang bermanfaat untuk manjaga kesehatan sistem pernapasan. Mengonsumsi buah ini bahkan diyakini bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak, sehingga bisa digunakan sebagai terapi tambahan saat anak mengalami infeksi saluran pernapasan.

Melihat banyaknya manfaat buah belimbing untuk kesehatan anak, mulai sekarang Bunda bisa memasukkan buah ini ke dalam menu harian Si Kecil. Pilihlah buah belimbing yang sudah matang dan cuci buah sampai benar-benar bersih sebelum diberikan ke anak.

Buah belimbing yang sudah bersih harus dipotong bagian ujungnya terlebih dahulu, kemudian Bunda bisa mengiris atau memotong buah ini kecil-kecil agar lebih mudah dimakan oleh anak. Jangan lupa juga untuk membuang bijinya agar tidak tertelan.

Selain buah belimbing, tetap berikan anak makanan yang mengandung sumber nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Bila Bunda bingung makanan apa saja yang baik untuk kesehatan buah hati, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.