Okra hijau merupakan tanaman sejenis kapas yang dapat dikonsumsi hingga bagian bijinya. Tanaman berbentuk lonjong ini merupakan salah satu jenis sayuran yang bebas lemak. Okra hijau pun dikenal sebagai sumber serat yang baik untuk tubuh.

Selain bebas lemak dan tinggi serat, okra hijau juga memiliki segudang nutrisi penting, seperti vitamin A, B2, B3, B6, B9, C, K, dan berbagai mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, natrium, zinc, mangan, zat besi, serta kalsium. Menariknya lagi, okra hijau termasuk dalam jenis makanan nabati yang kaya akan antioksidan dan memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah.

Berbagai Manfaat Sehat dari Sajian Okra Hijau yang Lezat - Alodokter

Beragam Manfaat Kesehatan dari Okra Hijau

Berkat kandungan nutrisinya, okra hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menurunkan kadar gula darah

Okra hijau memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, dengan cara memperlambat laju penyerapan glukosa dari usus. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi okra hijau mampu membuat kadar gula darah lebih stabil.

2. Menurunkan berat badan

Serat tinggi yang terkandung di okra hijau berguna untuk membantu penurunan berat badan. Dengan rutin mengonsumsi okra hijau, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan banyak.

3. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat di okra hijau bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah sekaligus mencegah terjadinya hipertensi.

4. Menghilangkan rasa lelah

Menurut penelitian, mengonsumsi okra hijau secara rutin mampu menghilangkan rasa lelah dengan cepat. Memasukkan okra hijau ke dalam menu makanan sehari-hari dapat membuat Anda lebih berenergi untuk melakukan aktivitas.

5. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada okra hijau juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi.

Hidangan Berbahan Okra Hijau

Saat diolah, lendir yang keluar dari okra bisa membuat orang enggan mengonsumsinya. Anda bisa mengatasinya dengan memasaknya menggunakan suhu tinggi atau memasaknya bersama bahan yang asam, seperti tomat.

Ada beragam sajian yang bisa dibuat dengan okra hijau. Jika Anda belum tahu bagaimana harus mengolah okra, cobalah menu berikut ini:

Bahan

  • 250 gram okra hijau, cuci bersih dan potong serong.
  • 1 papan pete, potong-potong
  • 1 buah cabai merah, potong-potong
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak
  • Garam, lada, dan kaldu jamur secukupnya

Cara membuat

  1. Panaskan wajan dengan api kecil. Setelah itu, masukkan bawang putih, pete, dan cabe, lalu tumis hingga harum.
  2. Masukkan okra hijau dan aduk sebentar. Beri kecap manis, garam, dan kaldu jamur, kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata. Setelah itu, angkat dan hidangkan.

Okra hijau memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun jika Anda sedang mengonsumsi metformin, hindari konsumsi okra hijau. Hal ini karena okra hijau dapat menghambat penyerapan obat tersebut, jika dikonsumsi secara bersamaan. Bila masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.