Obat panu umumnya dapat dibeli bebas dan mudah ditemukan di apotek. Namun agar bisa menghilangkan panu dengan efektif, Anda harus tahu cara memilih dan menggunakan obat panu yang tepat.

Panu atau tinea versicolor merupakan penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna terang atau gelap pada kulit. Walaupun panu tidak menular dan tidak menyakitkan, kondisi ini dapat menimbulkan rasa malu dan kadang gatal-gatal, sehingga banyak penderitanya yang menginginkan obat panu yang efektif.

Berbagai Obat Panu yang Efektif - Alodokter

Ragam Jenis Obat Panu dan Cara Penggunaannya

Berikut ini adalah beberapa jenis obat panu beserta cara penggunaannya yang perlu Anda ketahui:

Obat panu salep atau krim

Obat panu salep atau krim bisa digunakan untuk panu yang tidak terlalu banyak. Obat panu sediaan ini terdiri dari beragam jenis, yaitu:

  • Miconazole
  • Terbinafine
  • Clotrimazole
  • Ciclopirox dan ketoconazole, biasanya diresepkan untuk kondisi panu yang tergolong serius

Cara penggunaan obat panu sediaan salep cukup mudah. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu daerah yang terkena panu, lalu keringkan. Setelah itu, oleskan obat di atas panu. Obat panu salep atau krim biasanya digunakan 1–2 kali sehari selama 2 minggu.

Obat panu sampo

Obat panu sediaan sampo terdiri dari beragam jenis, yaitu:

  • Selenium sulfide
  • Ciclopirox
  • Ketoconazole

Walaupun namanya sampo, obat ini bisa digunakan sebagai sabun untuk mengatasi panu yang jumlahnya banyak dan tersebar luas di tubuh. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan sampo di badan saat mandi, kemudian tunggu sekitar 5–10 menit sebelum membilasnya. Untuk mencapai hasil yang efektif, gunakan obat panu sediaan sampo selama 5–7 hari.

Obat panu tablet

Obat panu juga dapat berupa pil atau tablet antijamur yang diminum, seperti:

Namun, obat panu yang diminum harus dikonsumsi sesuai dengan resep dan rekomendasi dokter. Anda tidak dianjurkan untuk membeli dan mengonsumsi obat panu oral sendiri.

Sama halnya dengan obat panu tablet atau pil, obat panu salep salep dan sampo juga harus digunakan sesuai dengan petunjuk pada label kemasan obat. Hal ini penting guna mencegah terjadinya efek samping, serta memastikan pengobatan dapat memberikan hasil yang efektif.

Ragam Tips Mencegah Panu

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit panu:

  • Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang banyak mengandung minyak.
  • Hindari mengenakan pakaian ketat ketika berada di luar ruangan dan sebaiknya kenakan pakaian yang mudah menyerap
  • Kurangi paparan sinar matahari karena dinilai dapat memicu atau membuat panu lebih terlihat di kulit.
  • Gunakan tabir surya setiap hari dan disarankan menggunakan bahan yang tidak berminyak dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30.

Obat panu umumnya akan efektif selama penggunaannya mengikuti petunjuk pemakaian. Namun, perlu diketahui bahwa pemulihan warna kulit bisa memakan waktu lebih lama, bahkan hingga beberapa bulan.

Hal penting lainnya yang perlu Anda pahami, yaitu bila panu yang Anda alami tidak kunjung sembuh setelah dilakukan pengobatan atau Anda mengalami efek samping dari penggunaan obat panu, segera konsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.