Panu adalah suatu penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bercak tersebut bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli. Pada sebagian kasus, warna panu bahkan ada juga yang merah muda atau merah. Nama lain dari panu adalah tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Penyakit kulit ini tidak menular.

Panu-alodokter

Jika kita terkena panu, bercak-bercak di kulit bisa bertambah atau melebar seiring waktu. Selain menyebabkan kulit tampak berubah warna, panu juga dapat menyebabkan kulit penderita terasa gatal dan kasar (bersisik).

Bagian tubuh yang paling sering terkena panu adalah punggung, lengan atas, perut, dada, dan leher. Panu memang tidak berbahaya, namun  panu bisa mengganggu penampilan dan menyebabkan ketidaknyamanan akibat gejala gatal-gatalnya. Anda bisa mengobati panu dengan menggunakan obat-obatan antijamur yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Namun jika pengobatan yang Anda lakukan sendiri di rumah tetap tidak membuahkan hasil atau panu malah makin menyebar ke seluruh tubuh, maka periksakan diri ke dokter. Selain itu, Anda juga disarankan menemui dokter jika pernah terkena panu dan panu tersebut kambuh lagi.