Panu adalah infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh golongan jamur Malassezia. Infeksi jamur ini menyebabkan gangguan pada pigmen kulit sehingga menimbulkan bercak yang berwarna lebih terang atau lebih gelap di permukaan kulit.

Panu, yang juga dikenal dengan pityriasis versicolor atau tinea versicolor, bukanlah penyakit menular. Panu muncul secara perlahan, kemudian seiring waktu menyatu dan membentuk bercak kulit yang lebih besar.

Panu-alodokter

Area kulit yang paling sering terkena panu adalah punggung, dada, lengan atas, leher, dan perut.

Penyebab dan Gejala Panu

Panu disebabkan oleh jamur Malassezia yang tumbuh dan berkembang dengan cepat di kulit. Belum diketahui apa yang menyebabkan kondisi tersebut, tetapi diduga terkait dengan beberapa faktor, di antaranya perubahan hormon dan kulit berminyak.

Gejala utama panu adalah bercak di kulit yang berwarna lebih terang atau lebih gelap. Bercak tersebut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti gatal, serta kulit kering atau bersisik di area yang terinfeksi.

Pengobatan dan Pencegahan Panu

Pengobatan panu adalah dengan pemberian obat antijamur. Namun, sebelum menggunakan obat antijamur, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara untuk mencegah panu adalah dengan menurunkan risiko terjadinya penyakit ini, antara lain dengan menghindari paparan sinar matahari yang terlalu lama, serta menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.