Yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk Bunda lakukan bersama anak. Olahraga ini tidak hanya menyehatkan tubuh Si Kecil, tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan mentalnya, lho. Yuk, simak berbagai manfaat yoga untuk anak di artikel berikut ini.

Yoga merupakan bentuk latihan yang berfokus pada kekuatan dan kelenturan tubuh serta pernapasan. Olahraga ini cukup diminati karena terbukti membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh lebih bugar. Nah, manfaat yoga ini tidak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak, Bun.

Bunda, Ini Lho Manfaat Yoga untuk Anak - Alodokter

Beragam Manfaat Yoga untuk Anak

Berikut ini adalah berbagai manfaat yoga untuk anak yang sayang jika dilewatkan:

1. Meredakan stres

Aktivitas yang padat, tuntutan dari orang tua atau sekolah, kurang istirahat, hingga mengalami bullying bisa membuat anak menjadi stres. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengajak Si Kecil rutin melakukan yoga.

Gerakan-gerakan yoga akan membuat pikiran rileks dan emosi lebih stabil, sehingga rasa stres akan berangsur-angsur mereda. Selain itu, yoga juga dapat membuat anak lebih tenang saat menghadapi situasi yang bisa memicu munculnya rasa cemas.

2. Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh

Gerakan yoga dapat membuat otot-otot anak meregang dan fleksibel, sehingga ia akan lebih lincah dan tidak tidak kaku saat beraktivitas. Selain itu, yoga juga bisa menjadi cara yang efektif untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh anak agar kemampuan motoriknya semakin baik.

3. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Ketika melakukan yoga, diperlukan daya fokus yang tinggi untuk melakukan gerakan tertentu sekaligus tetap mempertahankan keseimbangan. Nah, hal ini bisa melatih Si Kecil untuk bisa fokus ketika beraktivitas dan meningkatkan kemampuannya berkonsentrasi saat belajar, sehingga ia bisa mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Sikap malu anak ketika dihadapkan pada situasi baru memang hal yang wajar. Namun, hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut sebab bisa memengaruhi kehidupan sosialnya. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri Si Kecil, Bunda bisa mengajaknya olahraga yoga.

Yoga bisa mengajarkan anak untuk bersabar, bertahan, dan berusaha dalam mencapai gerakan yang sempurna. Nah, sikap ini akan membuat Si Kecil tumbuh menjadi sosok yang lebih berani dan percaya diri untuk mengeksplorasi hal baru.

Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas, penelitian menyatakan bahwa yoga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi perilaku agresif dan hiperaktif pada anak dengan autisme dan ADHD. Selain itu, yoga juga diketahui bisa mengatasi kecemasan pada anak.

Untuk mendapatkan manfaat yoga, pastikan Si Kecil melakukannya dengan rutin, ya. Bunda bisa mengajaknya pergi ke kelas yoga anak supaya ia didampingi oleh instruktur. Namun, jika tidak memungkinkan, Bunda bisa mendampingi Si Kecil untuk melakukan yoga di rumah, dengan mengikuti video tutorial secara online.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat yoga pada anak dan gerakan yoga yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.