Ada beragam cara mengatasi ketombe, mulai dari metode alami hingga pemakaian sampo antiketombe. Nah, langkah penganan ini umumnya sekaligus memperbaiki kondisi kulit kepala berminyak yang sering memicu ketombe.

Meski ketombe tidak menular dan bukan hal yang serius, keluhan ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Pasalnya, serpihan ketombe mungkin untuk berjatuhan dan terlihat di bahu Anda, apalagi ketika sedang menggunakan baju berwarna hitam.

Cara Mengatasi Ketombe akibat Kulit Kepala Berminyak - Alodokter

Kemunculan ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena kulit kepala berminyak. Untuk mengatasi keluhan ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari menggunakan sampo antiketombe, hingga memanfaatkan bahan alami yang bisa membantu menghilangkan ketombe.

Kaitan Ketombe dengan Kulit Kepala Berminyak

Sebelum membahas cara mengatasi ketombe akibat kulit kepala atau rambut berminyak, mari ketahui lebih dulu keterkaitan keduanya. Hal pertama yang perlu dipahami adalah minyak alami yang ada di kulit kepala sebenarnya memiliki fungsi untuk melindungi rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Namun, saat kulit kepala memproduksi banyak minyak, kondisi ini bisa membuat sel-sel kulit mati di kulit kepala menumpuk, bahkan setelah digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Efeknya, ketombe pun muncul.

Adapun penyebab dari produksi minyak berlebih di kulit kepala, di antaranya adalah:

  • Memakai produk perawatan rambut yang kurang cocok
  • Mencuci rambut terlalu sering
  • Mengalami infeksi jamur di kulit kepala
  • Menderita dermatitis seboroik

Atasi Ketombe Akibat Kulit Kepala Berminyak dengan Cara Ini

Adanya ketombe di kulit kepala ditandai dengan munculnya serpihan kecil berwarna putih atau kekuningan pada rambut. Selain itu, kulit kepala juga akan terasa gatal. Ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu diatasi dengan tepat.

Untuk mengatasi ketombe akibat kulit kepala berminyak, ada banyak langkah yang bisa ditempuh, yaitu:

1. Cuci rambut secara rutin

Pemilik kulit kepala berminyak dianjurkan untuk keramas atau mencuci rambut sekali dalam sehari. Saat keramas, Anda dianjurkan untuk menggunakan sampo antiketombe dan keramas dengan benar.

Sampo antiketombe biasanya mengandung bahan tertentu yang bisa mengendalikan pertumbuhan jamur dan juga minyak berlebih pada kulit kepala, Beberapa bahan yang dimaksud misalnya selenium sulfida, asam salisilat, zinc pyrithione, dan ketoconazole.

2. Gunakan kondisioner dengan benar

Setelah keramas, Anda disarankan untuk mengoleskan kondisioner hanya di ujung rambut secara merata. Jangan mengoleskan kondisioner hingga kulit kepala, karena hal ini justru bisa menyebabkan kulit kepala lebih berminyak sehingga rentan untuk berketombe.

3. Manfaatkan lidah buaya

Lidah buaya membantu mengatasi ketombe dengan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala. Bahkan gatal dan iritasi kulit juga bisa ikut teredakan. Cara mendapatkan manfaat lidah buaya ini mudah, Anda hanya cukup menjadikannya sebagai masker rambut.

4. Oleskan cuka apel ke rambut

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penggunaan cuka apel diyakini bisa membantu mengatasi ketombe. Ini karena cuka apel dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan menyeimbangkan pH kulit sehingga bisa menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe, bahkan kurap.

Walau demikian, penggunaan cuka apel untuk rambut harus dilakukan secara hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi, terutama bagi penderita penyakit eksim.

Adapun untuk keamanan, Anda dianjurkan untuk mengencerkan ½ cangkir cuka apel dengan 1½ cangkir air dingin. Kemudian, tuangkan cairan cuka apel ini ke rambut setelah kepala dibersihkan dengan sampo. Sesudahnya, bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan penggunaan kondisioner.

Itulah cara mengatasi ketombe akibat kulit kepala berminyak yang bisa Anda coba di rumah. Jika cara tersebut telah diterapkan tapi masalah ketombe tidak juga membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan permasalahan rambut dan kulit kepala Anda.