Kulit kepala gatal dan terasa mengganggu bisa disebabkan oleh berbagai masalah pada kulit kepala, mulai dari yang ringan hingga berat. Cara mengatasinya pun perlu disesuaikan dengan penyebab munculnya gatal di kulit kepala.

Kulit kepala gatal tak hanya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga bisa mengganggu penampilan. Pasalnya, kulit kepala gatal kadang juga disertai dengan ketombe, bahkan rambut rontok.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal - Alodokter

Penyebab Kulit Kepala Gatal

Untuk mengetahui cara mengatasi kulit kepala gatal, Anda perlu mengetahui dulu penyebabnya. Dengan begitu, dapat ditentukan perawatan yang tepat bagi rambut Anda, sesuai masalahnya.

Ada beberapa kondisi atau kelainan kulit yang umum menyebabkan kulit kepala gatal, yaitu:

Ketombe

Ketombe merupakan penyebab kulit kepala gatal yang paling sering. Ketombe bisa disebabkan oleh jamur dan penumpukan minyak serta sel-sel mati di kulit kepala. Kondisi-kondisi tersebut memicu rasa gatal di kulit kepala.

Selain itu, ketombe juga bisa muncul akibat penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok atau jarang mencuci rambut.

Psoriasis

Masalah kulit kepala ini disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel kulit yang terlalu cepat sehingga kulit menebal dan bersisik. Area kulit yang mengalami psoriasis akan terlihat kemerahan dan ditutupi oleh serpihan kulit seperti sisik berwarna keperakan.

Psoriasis merupakan penyakit kronis dan paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan leher bagian belakang.

Gejala psoriasis di kulit kepala berupa ketombe yang menempel pada batang rambut, serta bercak tebal pada kulit kepala yang berwarna keperakan dan akan berdarah jika dikelupas.

Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar dari garis rambut dan menimbulkan rasa gatal, bahkan sakit.

Kurap

Kurap pada kulit kepala menimbulkan ruam dengan pinggiran yang terasa menonjol saat diraba. Kurap merupakan infeksi jamur pada lapisan luar kulit kepala dan rambut.

Gejala yang muncul dapat bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bersisik, atau kebotakan pada area yang terkena kurap. Kurap dapat menular dan paling sering terjadi pada anak usia sekolah.

Selain hal-hal di atas, alergi pada produk perawatan rambut, seperti hair spray atau gel rambut, juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal. Bukan hanya bisa menimbulkan reaksi alergi, hair spray juga membuat rambut mengeras dan memberikan sensasi seperti rambut ditarik, sehingga membuat kulit kepala terasa gatal.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Seperti telah dikatakan sebelumnya, cara mengatasi kulit kepala gatal perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal berdasarkan penyebabnya:

Ketombe

Jika ketombe yang Anda alami tidak tergolong parah, Anda bisa memakai sampo yang mengandung zinc pyrithione atau selenium. Zinc pyrithione dapat mengurangi jamur penyebab ketombe dan kulit kepala gatal.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sampo dengan kandungan bahan alami, seperti ekstrak minyak eukaliptus. Tak hanya harum, bahan alami ini juga dapat membersihkan minyak dan kotoran di kulit kepala, sehingga rambut serta kulit kepala terasa bersih dan segar.

Psioriasis

Jika Anda mengalami psioriasis dengan tingkat ringan hingga sedang, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) dan minyak atau krim yang mengandung coal tar.

Selain itu, untuk menghilangkan kulit kepala gatal, Anda dapat menggunakan pelembap dalam bentuk salep oles.

Anda juga bisa menggunakan larutan cuka apel. Cara membuatnya, campurkan 2 sendok air dan 1 sendok cuka apel. Oleskan larutan ini ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit, kemudian cuci rambut Anda. Lakukan selama beberapa kali dalam seminggu.

Jika cara-cara tersebut justru membuat kulit kepala Anda semakin gatal atau perih, segera bilas rambut hingga bersih dan hentikan penggunaannya. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui obat apa yang paling cocok untuk mengatasi masalah kulit kepala Anda.

Kurap

Untuk mengatasi infeksi jamur ini dan mencegah penularan ke orang lain atau ke area tubuh lain, dokter akan menyarankan penggunaan sampo khusus untuk menghilangkan jamur dari kulit kepala.

Dokter juga mungkin akan meresepkan antijamur dalam bentuk obat minum, seperti griseofulvin dan terbinafine, yang perlu dikonsumsi sekitar 6 minggu.

Penting untuk selalu menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari beragam penyebab masalah di kulit kepala, termasuk kulit kepala gatal. Jika gatal terasa sangat mengganggu dan berlarut-larut, segera konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.