Meski terkesan memaksa, menurunkan berat badan dalam 1 minggu secara alami sangat mungkin terjadi. Hal ini bahkan sudah dibuktikan oleh banyak orang. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya? Mari pelajari cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu di sini.

 

Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu tanpa obat atau operasi ada bermacam-macam. Cara-cara ini mungkin berguna untuk orang-orang yang sedang dalam situasi “genting”, misalnya untuk calon pengantin yang harus menurunkan berat badan agar bisa muat di baju pernikahannya minggu depan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Secara Alami - Alodokter

Beragam Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu 1 minggu, di antaranya adalah:

1. Kurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori atau porsi makan terbukti efektif untuk mengurangi berat badan dalam waktu singkat. Jumlah kalori yang perlu Anda makan per hari untuk menurunkan berat badan tergantung pada kebutuhan kalori per hari. Jadi hitung dulu kebutuhan Anda, kemudian tentukan pengurangan asupan kalori Anda.

Untuk mempermudah Anda mengurangi asupan kalori dan memaksimalkan efek diet, hindari konsumsi camilan dan penggunaan bumbu penyedap, serta perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan protein tanpa lemak.

2. Kurangi asupan karbohidrat

Menerapkan diet karbo atau mengurangi konsumsi karbohidrat, seperti nasi, pasta, dan roti, dinilai efektif dalam menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan.

Sebagai ganti karbohidrat, Anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran rendah karbohidrat, seperti bayam dan pakcoy, mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, serta ikan. Protein juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

3. Hindari makanan siap saji

Selain mengurangi asupan kalori, menghindari makanan siap saji juga akan membantu Anda menurunkan berat badan, terutama jika sebelumnya Anda tergolong sering mengonsumsi makanan yang memanjakan lidah namun tinggi kalori ini.

Sebagai ganti makanan siap saji, Anda bisa memilih makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan dan ayam, serta sayuran rendah karbohidrat. Dengan begitu, Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Sertakan bumbu dan rempah yang menggugah rasa agar Anda tidak merindukan makanan siap saji.

4. Perbanyak olahraga dan aktivitas fisik

Memperbanyak olahraga dan aktivitas fisik yang membakar kalori juga merupakan cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu yang efektif. Teorinya, semakin banyak kalori yang terbakar, berat badan pun akan semakin cepat berkurang.

Maka dari itu, mulailah memperbanyak olahraga dan aktivitas fisik, seperti mengangkat beban atau senam aerobik, untuk meningkatkan massa otot dan metabolisme tubuh sekaligus mengurangi endapan karbohidrat.

5. Cobalah berpuasa

Diet puasa yang dilakukan secara rutin juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Secara tidak langsung, waktu Anda untuk mengonsumsi sesuatu yang berkalori menjadi berkurang dengan berpuasa. Akhirnya, kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda jadi lebih sedikit.

6. Cukupi waktu tidur dan kurangi begadang

Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang kurang tidur atau sering begadang cenderung lebih banyak makan camilan di malam hari. Ini tentunya akan memicu peningkatan berat badan. Selain itu, mencukupi waktu tidur juga bisa mengefektifkan pembakaran lemak.

Guna mendapatkan hasil terbaik, usahakan untuk tetap mengutamakan kesehatan Anda selama menerapkan cara-cara di atas. Jangan sampai berat badan Anda turun drastis, tapi kondisi kesehatan Anda justru terganggu.

Perlu diketahui juga bahwa cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu biasanya efektif untuk jangka pendek saja. Secara teori, seseorang memang bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam 1 minggu. Namun idealnya, penurunan berat badan yang sehat adalah 0,5–1 kg per minggunya.

Penurunan berat badan yang terlampau cepat bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi kacau. Akhirnya saat program diet berakhir, berat badan Anda bisa bertambah kembali menjadi seperti semula atau bahkan lebih berat.

Diet sebaiknya dilakukan secara bertahap. Namun, jika Anda sangat membutuhkan penurunan berat badan dalam waktu yang cepat dan ingin menerapkan cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu seperti yang telah dijelaskan di atas, berkonsultasilah dulu ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat dan aman.