Tidak hanya di bibir atau mulut, sariawan juga bisa muncul di tenggorokan. Untungnya, sariawan di tenggorokan bisa disembuhkan, tapi jangan remehkan kondisi ini jika berlangsung lebih dari tiga minggu.

Sariawan bisa muncul di mana saja, mulai dari bibir, pipi bagian dalam, gusi, lidah, bagian bawah lidah, langit-langit mulut, hingga tenggorokan. Luka di dalam mulut ini kebanyakan terasa mengganggu dan menyakitkan.

Cara Mudah Atasi Sariawan di Tenggorokan yang Mengganggu - Alodokter

Sariawan di tenggorokan ini tidak diketahui penyebab pastinya. Namun, diduga jika sariawan di tenggorokan bisa disebabkan oleh stres, adanya jaringan yang terluka, mengonsumsi makanan tertentu yang bersifat asam, infeksi virus, alergi makanan, atau perubahan hormonal seperti saat menstruasi.

Selain itu, sariawan di tenggorokan juga dapat disebabkan oleh terganggunya sistem kekebalan tubuh kita, tubuh kekurangan nutrisi tertentu (seperti vitamin B12, zinc, asam folat, atau zat besi), atau menderita penyakit saluran pencernaan (misalnya penyakit Celiac atau penyakit Crohn).

Untungnya, sariawan di dalam tenggorokan ini tidak menular dan kebanyakan bisa sembuh tanpa pengobatan dalam jangka waktu seminggu hingga dua minggu. Namun, jika Anda tidak tahan dengan nyerinya, ada beberapa cara sederhana yang mampu mengurangi rasa sakit sariawan di tenggorokan.

  • Membilas tenggorokan dengan air garam atau larutan baking soda (1 sendok teh baking soda dan ½ cangkir air hangat).
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang asam atau pedas karena dapat menyebabkan sakit dan iritasi lebih lanjut.
  • Minum air es sedikit-sedikit dan pelan-pelan.
  • Sikat gigi pelan-pelan dengan menggunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi tanpa detergen.
  • Madu juga dipercaya bisa mengatasi sariawan.
  • Minum susu, yogurt, atau es krim.
  • Jika sariawan di tenggorokan muncul akibat stres, Anda bisa mencoba latihan bernapas dalam-dalam dan melakukan
  • Selain itu beberapa obat yang mengandung benzokain, hidrogen peroksidan dan fluocinonide dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan di tenggorokan atas.

Namun ada baiknya apabila sariawan di tenggorokan disembuhkan dengan cara memeriksakannya ke dokter ahli. Sebab dengan bantuan penanganan dokter, sariawan di tenggorokan bisa diobati dengan tepat dan cepat. Misalnya, jika sariawan di tenggorokan disebabkan oleh kekurangan vitamin atau mineral tertentu, dokter bisa membantu merancang pola makan yang cocok dan meresepkan suplemen yang dibutuhkan. Jika diperlukan, antibiotik juga menjadi pilihan pengobatan yang bisa diberikan

Jangan ragu juga untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila luka sariawan di tenggorokan membesar ukurannya, menyebar, dan tidak sembuh walau sudah berlangsung selama tiga minggu atau lebih. Begitu juga halnya apabila sariawan di tenggorokan terasa sangat sakit walaupun Anda sudah minum obat, membuat Anda kesulitan minum dan makan, dan disertai dengan demam tinggi.