Banyak wanita yang belum tahu perbedaan ciri-ciri orang hamil dan menstruasi. Hal ini karena tak jarang gejala awal kehamilan mirip dengan gejala saat akan memasuki masa haid. Yuk, kenali apa saja perbedaannya!

Beberapa tanda awal kehamilan dan gejala awal mentruasi atau premenstrual syndrome (PMS) bisa sangat mirip karena pada kedua kondisi ini sama-sama terdapat peningkatan hormon progesteron. Walaupun sulit, perbedaan ciri-ciri orang hamil dan menstruasi tetap bisa diketahui, kok.

 Begini Cara Membedakan Ciri-Ciri Orang Hamil dan Menstruasi - Alodokter

Cara Membedakan Ciri-Ciri Orang Hamil dan Menstruasi

Berikut ini adalah perbedaan ciri-ciri orang hamil dan menstruasi yang perlu Anda ketahui:

1. Nyeri payudara

Salah satu ciri orang hamil dan menstruasi yang biasanya dialami adalah nyeri payudara. Pada saat PMS, nyeri payudara terjadi sebelum menstruasi dan biasanya akan berkurang saat menstruasi dimulai atau selama menstruasi.

Sementara itu, nyeri payudara yang berhubungan dengan kehamilan biasanya akan terus berlanjut selama kehamilan. Nyeri payudara karena hamil juga terasa lebih pegal, sensitif, dan lebih berat daripada yang disebabkan oleh PMS.

2. Perubahan suasana hati

Saat PMS umumnya wanita mengalami perubahan suasana hati, misalnya menjadi lebih mudah emosi dan gampang menangis, demikian juga saat hamil. Perubahan suasana ini terjadi karena adanya perubahan hormonal.

Nah, jika disebabkan oleh PMS, ketidakstabilan suasana hati ini biasanya akan membaik saat menstruasi dimulai. Namun bila disebabkan oleh kehamilan, suasana hati bisa terus naik turun sepanjang kehamilan hingga melahirkan.

3. Peningkatan nafsu makan dan ngidam

Perbedaan ciri-ciri orang hamil dan menstruasi yang juga terlihat jelas adalah meningkatnya nafsu makan dan ngidam. Saat PMS, Anda bisa menjadi lebih nafsu makan dan lebih menginginkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat serta tinggi gula atau garam.

Bedanya dengan ngidam saat hamil, ngidam yang dialami saat PMS masih tergolong ringan. Saat sedang hamil, ngidam makanan bisa sangat spesifik. Bahkan, ibu hamil mungkin akan menolak makanan lain yang tidak mereka idamkan karena merasa mual saat mencium baunya.

4. Kelelahan

Perbedaan ciri-ciri orang hamil dan menstruasi juga bisa terletak pada tingkat kelelahan yang dirasakan. Rasa lelah yang muncul saat PMS biasanya akan hilang begitu menstruasi telah berlangsung. Sementara itu pada wanita hamil, kelelahan dapat muncul sejak hamil trimester pertama dan bisa bertahan selama kehamilan.

5. Kram perut

Kram perut bisa terjadi saat PMS, kira-kira 1–2 hari sebelum menstruasi dimulai. Kram yang terjadi saat PMS bisa sangat berat hingga membuat seseorang tidak bisa melakukan apa-apa. Sementara itu, kram perut pada awal kehamilan biasanya terjadi karena proses implantasi. Nyerinya pun ringan dan berlangsung cepat.

Penting untuk mengetahui perbedaan ciri-ciri orang hamil dan menstruasi, terlebih jika Anda memang sedang merencanakan kehamilan. Jika mengalami gejala di atas, Anda perlu memperhatikan apakah ini tanda hamil atau tanda PMS.

Sebelum Anda yakin gejala tersebut hanya merupakan tanda PMS, jagalah kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, serta menghindari alkohol dan asap rokok.

Gejala PMS biasanya berlangsung 5–11 hari sebelum menstruasi dimulai. Nah, jika setelah jangka waktu ini Anda tidak kunjung menstruasi, sebaiknya lakukan tes kehamilan atau periksakan diri ke dokter. Semakin cepat diperiksakan, semakin baik pula pemantauan kesehatan Anda dan janin oleh dokter.