Dimethicone atau dimethylpolysiloxane adalah obat untuk mengatasi kelebihan gas pada saluran pencernaan yang menyebabkan perut kembung, sakit perut, atau rasa tidak nyaman di perut. Obat ini juga sering dikombinasikan dengan antasida untuk meredakan gejala sakit maag.

Dimethicone bekerja dengan cara mengurai gelembung gas yang terbentuk lambung dan saluran pencernaan. Dengan begitu, keluhan bisa mereda. Selain untuk meredakan perut kembung, dimethicone juga sering digunakan sebagai bahan campuran pada sampo, bedak, cat kuku, deodoran, atau tabir surya.

alodokter-dimethicone

Merek dagang dimethicone: New Enzyplex, Polysilane, Xepazym

Apa itu Dimethicone

Golongan Obat bebas
Kategori Agen antikembung
Manfaat Meredakan perut kembung
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Dimethicone untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Dimethicone belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet, kapsul, dan suspensi

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Dimethicone

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi dimethicone, di antaranya:

  • Jangan mengonsumsi dimethicone jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin memberikan dimethicone kepada anak-anak, khususnya bayi yang sedang mengalami kolik.
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin menggunakan dimethicone bersama obat, suplemen, atau produk herbal.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan dimethicone jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi dimethicone.

Dosis dan Aturan Pakai Dimethicone

Selalu baca aturan pakai yang tertera di kemasan sebelum mengonsumsi produk obat yang mengandung dimethicone. Obat sering ditemukan bersama obat antasida.

Salah satu produk yang mengandung 80 mg dimethicone, 200 mg magnesium hidroksida, dan 200 mg aluminium hidroksida, memiliki dosis 1–2 tablet atau 1–2 sendok takar, 3–4 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Dimethicone dengan Benar

Baca petunjuk yang tertera di kemasan sebelum menggunakan dimethicone atau produk obat yang mengandung dimethicone. Jika Anda ragu, diskusikan dan tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan dosis dan durasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Dimetichone kapsul atau tablet sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau sebelum tidur malam. Telan obat dengan bantuan air putih. Jika Anda mengonsumsi dimethicone dalam bentuk tablet kunyah, kunyah obat terlebih dahulu dalam mulut sebelum ditelan.

Jika Anda mengonsumsi dimethicone dalam bentuk suspensi, kocok obat terlebih dahulu secara merata, kemudian ambil obat sesuai dosis menggunakan sendok takar.

Konsumsi dimethicone pada waktu yang sama setiap harinya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika terlupa, segera konsumsi dimethicone apabila jeda dengan dosis berikutnya belum terlalu dekat. Abaikan dan jangan menggandakan dosis apabila sudah berdekatan dengan jadwal dosis selanjutnya.

Simpan dimethicone di dalam wadah tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, simpan pada suhu ruangan, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Dimethicone dengan Obat Lain

Belum diketahui efek interaksi pasti jika dimethicone dikonsumsi bersama dengan obat lain. Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi dimetichone dengan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.

Bentuk aktif dari dimethicone adalah simethicone. Jika simethicone digunakan besama obat tiroid, seperti levothyroxine, maka bisa menurunkan penyerapan dan efektivitas dari obat tiroid.

Efek Samping dan Bahaya Dimethicone

Dimethicone jarang mengakibatkan efek samping jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Salah satu efek samping dimethicone adalah perubahan tekstur tinja. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi dimethicone atau produk obat yang mengandung dimethicone.