Di media sosial, banyak informasi yang membahas seputar manfaat kentang untuk wajah. Kentang diduga mampu mencerahkan kulit, mengatasi masalah jerawat, hingga mencegah dan mengurangi munculnya kerutan di wajah. Simak artikel ini untuk mengetahui faktanya.

Manfaat kentang untuk wajah mungkin dapat diperoleh karena kentang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin C, niacin, antioksidan, dan zat antiradang.

Fakta Manfaat Kentang untuk Wajah - Alodokter

Manfaat Kentang untuk Wajah

Agar Anda dapat mendapatkan manfaat kentang untuk wajah, coba jadikan kentang sebagai masker alami. Caranya adalah dengan menghaluskan kentang, kemudian oleskan ke wajah secara merata.

Nah, penggunaan masker kentang secara rutin ini diyakini membawa sejumlah manfaat, antara lain:

1. Mencerahkan kulit

Masker kentang yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt dan jus lemon dikatakan mampu membantu mencerahkan kulit. anfaat ini mungkin dapat diperoleh karena kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

2. Mengempeskan jerawat

Penggunaan masker kentang dipercaya mampu mengempeskan jerawat yang membandel. Hal ini karena kentang termasuk jenis umbi-umbian yang mengandung antiradang. Kandungan ini dapat meredakan peradangan pada jerawat yang membuatnya semakin besar dan susah hilang.

3. Memudarkan bekas jerawat

Kandungan niacin pada kentang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Niacin adalah salah satu jenis vitamin (vitamin B3) yang banyak ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit.

4. Mencegah munculnya atau mengurangi kerutan di wajah

Penggunaan masker kentang dapat membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Pasalnya, kandungan antikosidan yang terdapat pada kentang mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kerusakan kulit dan penyebab munculnya kerutan.

Manfaat kentang untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan cara menjadikan kentang sebagai masker wajah. Salah satu caranya adalah dengan memarut kentang dan mendiamkannya di wajah selama 2 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Meski begitu, manfaat kentang untuk wajah tersebut masih perlu untuk diteliti lebih lanjut. Pasalnya hingga saat ini, masih belum banyak bukti ilmiah yang menunjukkan kentang benar-benar efektif dalam mengatasi permasalahan kulit.

Namun jika Anda tertarik untuk mendapatkan manfaat kentang tersebut, ada baiknya Anda lakukan tes alergi kulit terlebih dahulu. Caranya mudah, oleskan sedikit kentang yang telah dihaluskan ke kulit dan lihat reaksinya. Jika kulit memerah, gatal, muncul bintik-bintik merah, dan ruam, hentikan penggunaan kentang sebagai masker.

Manfaat Kentang Lainnya

Kendati manfaat kentang untuk wajah masih diragukan, ragam kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang nyatanya membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja? Berikut di antaranya:

Mengendalikan nafsu makan

Jika Anda sedang menjalani diet, kentang bisa menjadi sumber karbohidrat yang bisa membuat Anda kenyang, apalagi bila dikonsumsi dengan kulitnya yang kaya akan serat. Nah, jika Anda merasa kenyang, tentu keinginan untuk makan secara berlebihan akan berkurang.

Menurunkan tekanan darah

Konsumsi kentang secukupnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini dapat diperoleh karena kentang mengandung cukup banyak kalium.

Menguragi risiko terkena penyakit jantung

Kentang dapat menyediakan nutrisi penting bagi tubuh Anda, seperti beta karoten, polifenol, dan mineral. Jika ketiga nutrisi tersebut terpenuhi dengan baik, risiko Anda untuk terkena penyakit jantung, hipertensi, dan kanker dapat berkurang.

Kentang memiliki banyak manfaat untuk wajah dan juga untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun perlu diingat, kulit setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Bisa saja masker kentang cocok untuk teman Anda, namun tidak untuk Anda.

Bagi Anda yang ingin menjadikan kentang sebagai perawatan kecantikan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar bisa mendapatkan saran dan informasi yang akurat terkait efektivitas kentang dalam mengatasi gangguan kulit yang Anda alami.