Fibrinogen atau faktor I adalah protein plasma yang berperan penting dalam pembekuan darah. Fibrinogen bisa diberikan untuk mengatasi perdarahan yang hebat akibat cedera, DIC (disseminated intravascular coagulation), atau kelainan kongenital, seperti afibrinogenemia atau hipofibrinogenemia.

Fibrinogen secara alami diproduksi oleh hati dan terdapat di plasma darah. Protein ini berperan dalam proses pembekuan darah bersama thrombin, plasmin, dan faktor XIIIa. Fibrinogen dapat ditemukan di dalam produk transfusi darah, seperti FFP (fresh frozen plasma), cryoprecipitate, atau dalam bentuk fibrinogen concentrate.

fibrinogen - alodokter

Merek dagang fibrinogen: Beriplast P Combi-Set

Apa Itu Fibrinogen

Golongan Obat resep
Kategori Komponen darah
Manfaat Mengatasi defisiensi fibrinogen
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Fibrinogen untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Fibrinogen belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan fibrinogen tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk Suntik dan komponen darah

Peringatan Sebelum Menggunakan Fibrinogen

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan fibrinogen, di antaranya:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Fibrinogen tidak boleh diberikan kepada pasien yang alergi terhadap protein ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita stroke atau penyumbatan di pembuluh darah.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi atau efek samping yang serius setelah penggunaan fibrinogen.

Dosis dan Aturan Pakai Fibrinogen

Fibrinogen akan diberikan secara langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Pemberian produk transfusi darah ini biasanya akan di lakukan di fasilitas kesehatan atau rumah sakit.

Fibrinogen bisa ditemukan dalam produk transfusi darah seperti cryoprecipitate. Dosisnya bisa berbeda tergantung kondisi pasien. Secara umum, jika menggunakan cryoprecipitate, dosisnya adalah 10 unit dan dapat diulang jika dibutuhkan. Pemberian 1 unit cryoprecipitate mampu meningkatkan jumlah fibrinogen sekitar 100 mg/dL.

Fibrinogen juga tersedia dalam bentuk suntik. Penyuntikan fibrinogen dapat dilakukan melalui pembuluh darah vena (intravena/IV). Dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi pasien.

Cara Menggunakan Fibrinogen dengan Benar

Fibrinogen akan diberikan langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Ikuti anjuran yang diberikan oleh dokter selama menjalani pengobatan dengan fibrinogen.

Selama menggunakan fibrinogen, Anda mungkin akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah secara berkala.

Interaksi Fibrinogen dengan Obat Lain

Belum diketahui efek interaksi yang muncul akibat penggunaan fibrinogen bersama obat lain. Agar lebih aman, beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat,  suplemen, atau produk herbal tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Fibrinogen

Selama menjalani pengobatan dengan fibrinogen, kondisi Anda akan dipantau oleh dokter atau petugas medis. Ada beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah menggunakan fibrinogen, yaitu:

Laporkan ke dokter atau petugas medis jika efek samping yang disebutkan di atas tidak kunjung mereda atau semakin memberat.

Selain itu, penggunaan fibrinogen dapat meningkatkan risiko terjadinya emboli paru, trombosis vena dalam, trombosis arteri, dan infark miokard. Segera beri tahu dokter jika Anda mengalami gejala dari kondisi-kondisi tersebut atau mengalami reaksi alergi setelah menjalani pengobatan dengan fibrinogen.