Hamil 8 bulan merupakan masa ketika Bumil perlu mempersiapkan diri dan menyiapkan beragam kebutuhan untuk menjalani persalinan dan menyambut kehadiran buah hati. Pada usia kehamilan ini, perkembangan dan pertumbuhan janin sudah semakin sempurna.

Jika Bumil ingin melahirkan secara normal, hamil 8 bulan adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satu persiapan yang dapat Bumil lakukan adalah dengan mengikuti senam hamil.

Hamil 8 Bulan: Persiapkan Diri untuk Persalinan - Alodokter

Bumil juga harus mengetahui pertumbuhan janin dan apa saja yang harus diperhatikan selama menjalani usia kehamilan 8 bulan ini.

Bagaimana Pertumbuhan Janin?

Saat hamil 8 bulan, posisi kepala janin umumnya sudah menghadap dan menekan leher rahim. Berikut ini adalah perkembangan yang dialami janin setiap minggunya:

Hamil minggu ke-33

Di minggu ini, janin akan berbobot sekitar 1,9 kg dengan panjang 43,7 cm. Ada beberapa perkembangan janin saat memasuki usia kehamilan 33 minggu, di antaranya:

  • Kepala janin telah berada di rahim bagian bawah dengan posisi siap lahir. Namun, posisinya dapat berubah pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan
  • Tempurung kepala masih belum kuat dan terbentuk sempurna agar dapat melewati jalan lahir dengan lebih mudah
  • Kulitnya mulai terlihat cerah dan tidak keriput seiring bertambahnya lemak di bawah permukaan kulit
  • Otak dan sistem saraf janin telah berkembang sempurna

Hamil minggu ke-34

Memasuki minggu ke-34, janin memiliki bobot sekitar 2,1 kg dengan panjang 45 cm. Pertumbuhannya pun semakin signifikan, seperti:

  • Lemak di bawah kulit terus bertambah untuk menjaga suhu tubuhnya
  • Bagian telinga yang menyampaikan pesan ke otak semakin berkembang dan membuat bayi semakin mengenali suara
  • Tulang pada tubuhnya semakin keras, kecuali tempurung kepala

Hamil minggu ke-35

Di usia kehamilan ini, janin memiliki bobot sekitar 2,3 kg dengan panjang 46,2 cm. Pertumbuhan tubuhnya juga sangat pesat, di antaranya:

  • Terlihat pergerakan janin dengan adanya benjolan di permukaan perut
  • Posisi jain meringkuk di dalam perut dengan kaki ditekuk ke arah dada
  • Buah zakar pada janin laki-laki mulai turun dari perut ke dalam skrotumnya

Hamil minggu ke-36

Di minggu ini, janin berbobot sekitar 2,6 kg dengan panjang 47,4 cm. Menjelang hamil 9 bulan, tubuh janin mulai bersiap dan menyesuaikan diri untuk menghadapi kondisi di luar rahim. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang terjadi:

  • Paru-paru telah sempurna dan siap menarik napas pertamanya begitu lahir ke dunia
  • Sistem pencernaan telah berkembang sempurna dan siap untuk menyusu
  • Kepala janin bisa saja telah turun ke panggul dan siap untuk dilahirkan

Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Ibu Hamil 8 Bulan

Saat hamil 8 bulan, berat badan akan semakin bertambah dan membuat Bumil menjadi mudah lelah serta merasakan sakit punggung. Selain itu, rahim Bumil juga terus mengencang atau mulai kontraksi dari waktu ke waktu. Hal ini adalah kondisi yang normal dalam kehamilan sebagai bagian dalam menghadapi persalinan.

Namun, kontraksi belum tentu menjadi pertanda bahwa janin akan segera lahir. Apabila kontraksi terjadi cukup sering atau terasa sakit dan semakin kencang seiring waktu, segera hubungi dokter atau bidan terdekat.

Bumil juga akan lebih sering buang air kecil karena rahim menekan kandung kemih. Namun, tetaplah konsumsi air mineral yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Kurangi konsumsi teh dan kopi, karena kandungan kafein pada minuman tersebut dapat membuat Bumil semakin sering buang air kecil dan susah tidur.

Apa Saja yang Perlu Diperiksa Saat Hamil 8 Bulan?

Saat hamil 8 bulan, Bumil perlu lebih waspada terhadap keluhan atau kondisi tertentu, di antaranya:

Bumil juga bisa saja harus melakukan persalinan sebelum kehamilan 37 minggu. Persalinan ini dikategorikan sebagai kelahiran prematur. Bayi yang lahir prematur akan membutuhkan perawatan dan perhatian khusus.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Hamil 8 Bulan?

Hamil 8 bulan merupakan masa ketika Bumil mulai mempersiapkan diri menjelang persalinan. Berikut adalah beberapa panduan yang dapat memudahkan Bumil menghadapi persalinan:

1. Pilih rumah sakit yang tepat

Bumil sebaiknya memilih rumah sakit atau klinik bersalin yang lokasinya terjangkau dan memungkinkan ibu melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) serta tidak terpisah kamar dengan bayi.

IMD diperlukan agar bayi mendapatkan manfaat kolostrum, sedangkan satu kamar dengan bayi memudahkan ibu untuk memberikan ASI kapan saja.

2. Ikuti latihan pengenalan metode menyusui

Saat hamil 8 bulan, sebaiknya Bumil sudah menjalani masa latihan pengenalan metode menyusui yang dapat diikuti di rumah sakit ibu dan anak, klinik laktasi, atau yayasan yang menangani kegiatan tersebut, seperti Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

3. Siapkan tas berisi kebutuhan persalinan

Saat usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-36, Bumil dianjurkan untuk menyiapkan tas berisi kebutuhan saat persalinan. Dengan demikian, saat mengalami kontraksi, Bumil tidak perlu lagi sibuk untuk menentukan apa saja yang harus dibawa.

Berikut ini adalah beberapa barang yang sebaiknya tersedia dalam tas tersebut:

  • Kartu asuransi kesehatan
  • Breast pads atau bantalan untuk menyerap ASI yang mulai menetes
  • Baju ganti untuk ibu dan bayi
  • Keperluan mandi, termasuk pembalut khusus pascamelahirkan
  • Keperluan bayi, seperti pakaian, selimut, dan popok
  • Perlengkapan menyusui, seperti pompa ASI dan botol ASI perah, jika ibu tidak bisa menyusui
  • Selimut tambahan untuk ibu dan bayi
  • Barang-barang penting saat pandemi, seperti sarung tangan sekali pakai, masker, dan hand sanitizer

4. Mintalah saran pada mereka yang berpengalaman

Orang tua atau orang-orang terdekat yang sebelumnya sudah pernah melahirkan, mungkin memiliki kiat khusus saat menghadapi persalinan. Bumil dapat meminta dukungan dan saran mereka sebagai referensi sebelum menyambut kehadiran Si Kecil.

Namun, pastikan informasi tersebut akurat dan bukan hanya mitos belaka. Jika perlu, Bumil juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan hal apa aja yang perlu dipersiapkan dan perlu dilakukan saat hamil 8 bulan.

Beberapa hal ini harus Bumil persiapkan dengan baik sebelum hamil 9 bulan, karena di usia kehamilan tersebut bayi dapat lahir kapan saja. Jika masih memiliki pertanyaan seputar hamil 8 bulan, Bumil dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan yang tepat.