Holisticare Ester C bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, serta mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C. Holisticare Ester C dijual bebas di apotek atau supermarket dalam bentuk tablet, tablet effervescent, dan tablet kunyah.

Holisticare Ester C adalah suplemen yang mengandung Ester C, yaitu kombinasi vitamin C dan kalsium atau kalsium askorbat. Ester C dapat memberikan manfaat yang sama dengan vitamin C dan kalsium, tetapi tidak meningkatkan asam lambung.

Holisticare Ester C

Vitamin C dan kalsium berperan penting dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh, seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, membantu tubuh melawan radikal bebas, membantu penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan organ tubuh, seperti kulit, tulang, gigi, dan pembuluh darah.

Produk Holisticare Ester C

Ada 4 jenis produk Holisticare Ester C yang tersedia di pasaran, yaitu:

  1. Holisticare Ester C Tablet
    Tiap tablet Holisticare Ester C Tablet mengandung 320 mg Ester C (247,36 mg vitamin C dan 27,33 mg kalsium) serta 100 mg Citrus bioflavonoid. Suplemen ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan antioksidan, menjaga kesehatan, serta meningkatkan daya tahan tubuh pada orang dewasa.
  1. Holisticare Ester C 1000
    Tiap tablet Holisticare Ester C 1000 mengandung 1000 mg Ester C (273 mg vitamin C dan 85,4 mg kalsium). Suplemen ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh pada orang dewasa.
  1. Holisticare Supreme Ester C Effervescent
    Tiap tablet Holisticare Ester C Effervescent mengandung 500 mg Ester C (445 mg vitamin C dan 12,5 mg kalsium). Suplemen ini terdiri dari tiga varian rasa, yaitu rasa jeruk, mangga, dan blackcurrant. 
  1. Holisticare Ester C Kids
    Tiap tablet kunyah Holisticare Ester C Kids mengandung 100 mg Ester C (89 mg vitamin C dan 2,5 mg kalsium) serta 5 mg hesperidin. Suplemen ini dapat digunakan untuk memelihara kesehatan dan memenuhi kebutuhan vitamin pada anak-anak.

Apa Itu Holisticare Ester C

Bahan aktif Ester C, vitamin C, dan kalsium
Golongan Obat bebas
Kategori Suplemen vitamin
Manfaat Membantu memelihara daya tahan tubuh, dan mengatasi gejala kekurangan vitamin C
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
 

Holisticare Ester C untuk ibu hamil dan menyusui

Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping dari vitamin C dosis tinggi (melebihi angka kebutuhan gizi) terhadap janin. Namun, belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Suplemen hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Kandungan vitamin C dalam Holisticare Ester C dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Bentuk obat Tablet, tablet effervescent, tablet kunyah

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Holisticare Ester C

Meski Holisticare Ester C dikategorikan sebagai obat bebas, suplemen ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi Holisticare Ester C, antara lain:

  • Jangan mengonsumsi produk Holisticare Ester C jika Anda atau anak alergi terhadap vitamin C atau kandungan yang ada di dalam produk ini.
  • Jangan mengonsumsi Holisticare Supreme Ester C Effervescent jika Anda mengalami fenilketonuria atau hamil dengan kadar fenilalanin yang tinggi, karena produk ini mengandung aspartam.
  • Jangan memberikan Holisticare Supreme Ester C Effervescent, Holisticare Ester C Tablet, atau Holisticare Ester C 1000 kepada anak-anak.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Holisticare Ester C pada lansia.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Holisticare Ester C jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit ginjal, batu ginjal, defisiensi G6PD, hiperkalsemia, hemokromatosis, atau diabetes.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Holisticare Ester C Kids jika anak memiliki gangguan perdarahan atau tekanan darah rendah.
  • Hindari merokok atau asap rokok selama mengonsumsi suplemen vitamin C, karena dapat menurunkan efektivitas vitamin C.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Holisticare Ester C jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan suplemen lain, obat-obatan tertentu, atau produk herbal, untuk mengantisipasi interaksi obat.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Holisticare Ester C jika Anda sedang menjalani diet rendah garam.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi Holisticare Ester C sebelum menjalani operasi, termasuk operasi gigi.
  • Segera ke dokter jika Anda atau anak mengalami reaksi alergi, overdosis, atau efek samping serius setelah mengonsumsi Holisticare Ester C.

Dosis dan Aturan Pakai Holisticare Ester C

Berikut adalah dosis Holisticare Ester C berdasarkan varian produknya:

Holisticare Ester C Tablet

  • Dewasa: 1–3 tablet per hari.

Holisticare Ester C 1000

  • Dewasa: 1 tablet, 1 kali sehari.

Holisticare Supreme Ester C Effervescent

  • Dewasa: 1 tablet effervescent per hari.

Holisticare Ester C Kids

  • Anak-anak: 1–3 tablet per hari.

Cara Mengonsumsi Holisticare Ester C dengan Benar

Baca informasi yang terdapat pada kemasan Holisticare Ester C sebelum mulai mengonsumsinya. Jangan menambah dosis atau mengonsumsi suplemen ini lebih sering dari yang dianjurkan.

Konsumsi Holisticare Ester C saat makan atau setelah makan. Konsumsi Holisticare Ester C Tablet dengan cara menelannya dalam keadaan utuh, tanpa dikunyah atau dihancurkan terlebih dahulu.

Jika mengonsumsi Holisticare Supreme Ester C Effervescent, larutkan tablet effervescent dengan segelas air, lalu tunggu sampai benar-benar larut. Untuk Holisticare Ester C Kids, konsumsi tablet dengan cara dikunyah atau diisap.

Selama mengonsumsi Holisticare Ester C, Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih.

Penting untuk diingat, suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh, terutama ketika asupan vitamin dan mineral dari makanan saja tidak cukup. Suplemen hanya digunakan sebagai pelengkap, bukan sebagai pengganti nutrisi dari makanan.

Asupan vitamin C alami bisa didapatkan dari buah dan sayur, seperti jeruk, stroberi, paprika, brokoli, bayam, tomat, kentang, dan kubis.

Simpan Holisticare Ester C di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Jauhkan produk ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Holisticare Ester C dengan Obat Lain

Kandungan vitamin C dan kalsium dalam Holisticare Ester C dapat menyebabkan interaksi obat dengan suplemen atau obat tertentu. Beberapa interaksi tersebut adalah:

  • Peningkatan penyerapan suplemen zat besi
  • Peningkatan risiko terjadinya keracunan aluminium jika digunakan dengan obat yang mengandung aluminium, seperti sukralfat atau antasida
  • Penurunan efektivitas obat antikoagulan, seperti warfarin
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping dari estrogen pada pil KB
  • Penurunan efektivitas amfetamin
  • Penurunan efektivitas obat levothyroxine, ciprofloxacin, doxycycline, atau bifosfonat

Efek Samping dan Bahaya Holisticare Ester C

Penggunan Holisticare Ester C cenderung aman bila dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai atau petunjuk dokter. Namun, pada beberapa orang bisa terjadi efek samping seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Nyeri atau kram perut
  • Rasa terbakar di dada (heartburn)

Periksakan ke dokter jika efek samping tersebut tidak juga membaik atau bertambah berat. Hentikan konsumsi suplemen ini dan segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi atau efek samping serius, berupa nyeri saat berkemih, urine berdarah, atau urine berwarna merah muda.