Holisticare Ester C bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, serta mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C. Suplemen ini tersedia dalam bentuk tablet dan diperuntukkan bagi dewasa dan anak-anak.

Vitamin C memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, seperti membantu penyerapan mineral, membentuk kolagen, dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebenarnya, vitamin C dapat diperoleh secara alami dari buah dan sayuran. Namun, orang-orang yang kekurangan vitamin C membutuhkan suplemen vitamin C untuk mencukupi kebutuhan vitamin C hariannya.

Holisticare

Ester C merupakan bentuk ester dari vitamin C. Dengan kata lain, Ester C adalah penyempurnaan dari vitamin C yang sebelumnya. Komposisi kalsium askorbat yang ada di dalam Ester C menyebabkan tingkat keasamannya mendekati netral.

Kandungan Holisticare Ester C

Ada beberapa produk Holisticare Ester C yang tersedia di Indonesia, yaitu:

Holisticare Ester C Tablet

Dalam setiap tabletnya, Holisticare Ester C Tablet mengandung:

  • Ester C: 320 mg
  • Kalsium: 32 mg
  • Citrus bioflavonoid: 100 mg

Holisticare Ester C Effervescent

Setiap tablet Holisticare Ester C Effervescent mengandung:

  • Ester C: 500 mg
  • Kalsium: 50 mg

Holisticare Ester C Kids

Dalam setiap tabletnya, Holisticare Ester C Kids mengandung:

  • Ester C: 100 mg
  • Kalsium: 2,5 mg
  • Hesperidin: 5 mg

Apa Itu Holisticare Ester C?

Bahan aktif Ester C
Golongan Vitamin
Kategori Obat bebas
Manfaat Membantu memelihara daya tahan tubuh, dan mengatasi gejala kekurangan vitamin C.
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak.
Holisticare Ester C untuk ibu hamil dan menyusui Kategori A: Studi terkontrol pada wanita hamil tidak menunjukkan adanya risiko terhadap janin, dan kecil kemungkinannya untuk membahayakan janin.Ester C dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
Bentuk obat Tablet, tablet effervescent, tablet isap.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Holisticare Ester C:

  • Sebelum mengonsumsi Holisticare Ester C, beri tahu dokter bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, defisiensi GP6D, dan hiperkalsemia.
  • Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi Holisticare Ester C jika Anda memiliki alergi terhadap makanan, obat, atau bahan yang terkandung dalam suplemen ini.
  • Holisticare Ester C dapat memengaruhi hasil pemeriksaan medis. Oleh karena itu, beri tahu dokter jika Anda berencana menjalani pemeriksaan medis, seperti tes urine.

Dosis dan Aturan Pakai Holisticare Ester C

Dosis dan aturan pakai Holisticare Ester C tergantung pada jenis yang digunakan. Berikut adalah takaran umum penggunaan Holisticare Ester C bagi orang dewasa dan anak-anak:

  • Holisticare Ester C Tablet
    Dewasa: 1-3 tablet per hari.
  • Holisticare Ester C Effervescent
    Dewasa: 1 tablet per hari.
  • Holisticare Ester C Kids
    Anak-anak: 1-3 tablet per hari, dengan cara dikunyah atau dihisap.

Interaksi Holisticare Ester C dengan Obat Lain

Kandungan kalsium dalam Holisticare Ester C dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap obat, terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat tersebut adalah:

Cara Mengonsumsi Holisticare Ester C dengan Benar

Suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan mineral, terutama ketika asupan vitamin dan mineral dari makanan tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Perlu diingat, suplemen hanya digunakan sebagai pelengkap, bukan sebagai pengganti nutrisi dari makanan.

Ada beberapa kondisi yang membutuhkan asupan suplemen, antara lain sedang menderita penyakit tertentu, hamil, atau mengonsumsi obat yang dapat mengganggu metabolisme vitamin dan mineral.

Konsumsilah Holisticare Ester C sesuai petunjuk pada kemasan. Holisticare Ester C bisa dikonsumsi setelah makan. Selain itu, dianjurkan untuk minum banyak air putih selama menggunakan Holisticare Ester C.

Konsumsi Holisticare Ester C Tablet dengan cara menelannya dalam keadaan utuh, tanpa dikunyah atau dihancurkan terlebih dahulu. Untuk Holisticare Ester C Kids, konsumsi tablet dengan cara dikunyah atau diisap.

Bila menggunakan Holisticare Ester C Effervescent, larutkan tablet dalam segelas air. Jangan menggunakan air panas, karena air panas dapat mengurangi kandungan vitamin C di dalam Holisticare Ester C.

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, suplemen vitamin C tidak dapat menyembuhkan flu dan batuk. Namun, dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, sebelum munculnya flu, diduga dapat mempersingkat waktu pemulihan flu yang ringan. Jika Anda mengalami keluhan demam, batuk, dan sesak yang memberat jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Simpan kemasan Holisticare Ester C dalam ruangan dengan suhu kamar, jauhkan dari lembap dan panas, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Efek Samping dan Bahaya Holisticare Ester C

Penggunaan Ester C sesuai dosis umumnya aman dan jarang sekali menimbulkan efek samping. Namun, jika dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai aturan penggunaan, Ester C berisiko menyebabkan sejumlah efek samping, seperti:

Jika mengalami keluhan di atas, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter.