Memiliki ukuran lingkar perut normal biasanya dikaitkan dengan penampilan tubuh yang ideal. Padahal tidak hanya itu, menjaga lingkar perut normal juga penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Mari ketahui batas lingkar perut normal dan cara menjaganya tetap ideal.

Lingkar perut normal menggambarkan kadar lemak perut yang normal. Lemak perut terdiri dari lemak subkutaneus (lemak yang terletak di bawah kulit) dan lemak visceral (lemak yang mengelilingi hati dan organ perut lainnya). Kedua jenis lemak ini, terutama lemak viseral, perlu dikurangi karena dapat menjadi awal dari banyak penyakit.

Ini Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal - Alodokter

Cara Mengukur Lingkar Perut Normal

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas aman lingkar perut normal bagi pria adalah 90 cm dan untuk wanita adalah 80 cm. Lingkar perut yang melebihi batas ini menandakan bahwa Anda memiliki lemak perut yang berlebih.

Untuk mengukur lingkar perut, Anda hanya memerlukan pita pengukur. Kemudian ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini:

  1. Singkapkan atau lepaskan pakaian Anda terlebih dahulu agar tidak menghalangi pita pengukur.
  2. Lingkarkan pita pengukur pada perut sejajar dengan pusar. Tempatkan titik 0 di pusar.
  3. Pastikan pita pengukur tidak terlalu kencang dan tidak juga terlalu longgar.
  4. Jangan menahan napas saat mengukur lingkar perut.
  5. Lihat angka pada pita pengukur yang bertemu dengan titik 0.

Angka yang bertemu dengan titik 0 saat Anda mengembuskan napas adalah ukuran lingkar perut Anda.

Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Menjaga lingkar perut tetap normal adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan juga akan terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lingkar perut normal:

1. Olahraga

Salah satu cara untuk menjaga lingkar perut normal adalah dengan rutin berolahraga setiap hari. Cobalah untuk melakukan latihan aerobik sedang, seperti senam aerobik atau jalan cepat, setidaknya 30 menit per hari. Anda juga bisa melakukan latihan aerobik berat, seperti berlari, setidaknya 15 menit per hari.

Jika menggunakan perhitungan langkah, Anda membutuhkan rata-rata 10.000–15.000 langkah/hari untuk mencegah penambahan berat badan berlebih. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan kekuatan, seperti pull up, sit up, atau plank setidaknya 2 kali per minggu.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Konsumsi makanan bergizi seimbang juga efektif untuk menjaga lingkar perut normal. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat. Protein dan lemak sehat, misalnya dari kacang-kacangan dan ikan, juga tak kalah penting untuk mendapatkan lingkar perut normal.

Sebisa mungkin batasi konsumsi lemak jenuh dan gula tambahan yang banyak ditemukan dalam beragam camilan tidak sehat. Selain itu, perhatikan juga porsi makanan yang Anda konsumsi, karena makanan sehat sekalipun bila dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menjadi tumpukan lemak pada perut.

3. Minum banyak air sebelum makan

Minum air putih sebelum makan dapat membantu Anda menjaga lingkar perut normal.

Cobalah untuk minum 500 ml atau sekitar 2 gelas air putih, 30 menit sebelum makan. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih kenyang sehingga cenderung tidak akan makan berlebihan setelahnya.

Menjaga lingkar perut normal sangat penting dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit.

Lemak viseral adalah lemak yang sangat aktif secara metabolik. Jika menumpuk, lemak ini dapat melepaskan asam lemak, sel radang, dan hormon yang meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung koroner.

Terapkan cara untuk menjaga lingkar perut normal di atas secara rutin, terlebih jika lingkar perut Anda sudah melebihi batas aman. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait lingkar perut normal dan cara menjaganya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.