Kehidupan rumah tangga memang tidak selamanya berjalan mulus dan sesuai harapan. Nyatanya, tak sedikit pasangan suami istri yang dihadapkan dengan ujian hadirnya orang ketiga. Lantas, tanda-tanda apa saja yang bisa muncul bila suamimu sedang mencintai wanita lain?

Seiring habisnya masa bulan madu di tahun-tahun awal pernikahan, ada banyak hal yang bisa terjadi di dalam sebuah rumah tangga. Satu atau dua hal yang kecil maupun besar bisa membuat suami merasa kurang diperhatikan, kehilangan ego dan self-esteem, kecewa dengan sikap dan sifat pasangannya, hingga merasa tidak puas dalam urusan ranjang.

Ini Tanda Suami Mencintai Wanita Lain - Alodokter

Ini Tanda Suami Mencintai Wanita Lain

Alasan-alasan di atas tentunya bukanlah alasan yang sepele, karena ini bisa membuat suami berpaling dan mencintai wanita lain.

Sebelum hubungan pernikahanmu semakin memburuk, ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan pada suamimu jika ia mencintai wanita lain, di antaranya:

1. Terasa menjauh darimu

Ketika suami berselingkuh, hubungan suami istri biasanya akan terasa lebih hambar. Kebiasaan romantis yang tadinya ia lakukan setiap hari, misalnya mengecup keningmu saat bangun tidur atau melakukan pillow talk sebelum tidur, biasanya akan hilang, dan kalaupun dilakukan, terasa seperti terpaksa.

2. Penampilannya menjadi lebih baik

Bila sebelumnya suamimu abai atau terkesan cuek dengan penampilan, ia bisa jadi lebih memperhatikan penampilannya saat sedang mencintai wanita lain. Bisa juga, ia tiba-tiba jadi suka berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga bentuk tubuhnya, memakai pakaian yang selalu baru dan rapi, sering menggunakan minyak wangi, hingga sering menata rambutnya.

3. Meluangkan waktu lebih banyak dengan telepon genggamnya

Umumnya, saat di rumah, pasangan suami istri lebih senang mengobrol dengan pasangannya sambil bermanja-manja. Namun, jika suamimu sedang jatuh cinta dengan wanita lain, kemungkinan ia akan lebih banyak meluangkan waktu dengan telepon genggamnya. Dalihnya pun beragam, mulai dari urusan pekerjaan atau sekadar mengobrol dengan teman lamanya.

Selain itu, ia pun akan melarangmu untuk menyentuh telepon genggamnya, apa pun alasannya. Bahkan, tidak sedikit pria yang kerap membawa teleponnya ketika berada di kamar mandi, atau memasang password, agar perselingkuhannya tidak terbongkar oleh sang istri.

4. Aktivitas seksual menurun

Ketika suami berselingkuh atau mencintai wanita lain, fokusnya sudah tidak tertuju lagi kepadamu. Akibatnya, aktivitas seksual kalian berdua pun bisa menurun. Bahkan, ia juga bisa tidak segan menolak permintaanmu untuk berhubungan seks, lho.

5. Jarang di rumah

Tanda lainnya yang paling menonjol adalah suami jadi lebih jarang di rumah. Jika biasanya akhir pekan ia pasti meluangkan waktu untuk family time, ketika berselingkuh, ia akan mencari-cari alasan untuk keluar rumah, misalnya berkumpul dengan teman-temannya atau berolahraga.

6.  Mudah tersinggung dan marah

Laki-laki yang sudah menikah sebenarnya tahu bahwa menjalin hubungan dan jatuh cinta dengan wanita lain merupakan suatu kesalahan. Akibatnya, ketika hal ini tetap ia lakukan, akan timbul konflik di dalam batinnya.

Sayangnya, konfilik batin ini sering kali dibenar-benarkan oleh pria dengan menyalahkan istrinya, misalnya dengan berpikir, “Aku butuh perhatian wanita lain karena istriku kurang memperhatikanku.”

Pemikiran seperti ini sering kali keluar menjadi sikap mudah tersinggung dan menyalahkan. Bahkan, suami bisa jadi tidak segan untuk marah dan berkata kasar kepada istri karena perkara yang sepele.

7. Melonjaknya biaya pengeluaran

Setiap rumah tangga tentu memiliki pengeluaran finansial. Namun, ketika suami sedang “bermain api” dengan wanita lain, pengeluaran bisa melonjak tanpa jelas ke mana perginya, baik itu dari tabungan atau penggunaan kartu kredit. Hal ini bisa membuat kondisi keuangan kalian berdua menjadi buruk.

Itulah sederet tanda saat suami mencintai wanita lain yang perlu kamu perhatikan dan waspadai. Usahakan untuk mendinginkan kepala ketika kamu menemukan tanda-tanda ini. Ajak suami untuk bicara baik-baik dan tenangkan dirimu terlebih dahulu.

Jika saat ini suamimu benar-benar sedang menjalin hubungan dengan wanita lain, sebaiknya jangan terburu-buru memutuskan untuk bercerai. Marah dan kecewa adalah reaksi yang sangat normal ketika mengetahui suami berselingkuh, tetapi segala keputusan yang kalian buat dalam rumah tangga harus melalui pemikiran panjang dengan kepala dingin.

Penting untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu dan jangan gegabah untuk mengambil keputusan. Bila memang dibutuhkan, kalian bisa membicarakan masalah rumah tangga ini dengan psikolog atau konsultan pernikahan guna mendapatkan solusi yang tepat agar pernikahan kalian berdua bisa diselamatkan.