Gusi bengkak sering kali bisa menyebabkan ketidaknyamanan, terlebih jika disertai nyeri. Sebagian kasus gusi bengkak bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis obat gusi bengkak.

Sebagian besar kasus gusi bengkak disebabkan oleh gingivitis. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Untuk mencegah dan mengatasi gingivitis, Anda perlu rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Ini merupakan obat gusi bengkak alami yang tidak boleh disepelekan dan cukup efektif.

Inilah Pilihan Obat Gusi Bengkak - Alodokter

Dalam menjaga kebersihan gigi, Anda harus menyikat gigi secara rutin, setidaknya 2 kali dalam sehari. Setelah menyikat gigi, bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Kemudian, berkumurlah dengan obat kumur agar sisa makanan yang menempel di gigi terangkat.

Macam-Macam Obat Gusi Bengkak

Selain menjaga kebersihan gigi, ada beberapa obat gusi bengkak yang bisa membantu mengempeskan gusi yang membengkak dan mengurangi nyeri, yaitu:

1. Air garam

Salah satu obat gusi bengkak alami yang terbukti efektif meredakan gusi bengkak adalah air garam. Dengan berkumur menggunakan air garam, pH mulut dapat menjadi lebih seimbang sehingga menghambat perkembangan bakteri di mulut dan peradangan pada gusi juga jadi berkurang.

Obat kumur dari air garam dapat dibuat dengan mudah. Anda hanya perlu memasukkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, lalu aduk hingga larut. Berkumurlah dengan air tersebut selama 15–20 menit, sebanyak 2–3 kali sehari, hingga gusi bengkak sembuh.

2. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak dan sakit gigi, karena zat kimia ini memiliki sifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri serta mengurangi plak dan karang gigi. Selain itu, hidrogen peroksida bisa membantu mengurangi peradangan dan perdarahan pada gusi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu mencampurkan larutan hidrogen peroksida bersama air dengan perbandingan 1:1, lalu berkumurlah selama satu menit.

3. Teh

Kandungan teanin yang terdapat dalam teh memiliki efek antiradang sehingga bermanfaat dalam meredakan peradangan dan iritasi pada gusi. Cara mendapatkan manfaat teh ini tidak sulit, yaitu cukup letakkan kantung teh hangat ke area gusi yang membengkak, kemudian buang setelah kantung teh mendingin.

4. Kompres dingin

Selain dengan kantung teh, Anda juga dapat mengompres pipi yang gusinya membengkak dengan kompres dingin. Kompres ini bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga mampu mengurangi rasa sakit sekaligus meredakan pembengkakan.

5. Bahan herbal

Beberapa jenis tumbuhan herbal, seperti kunyit, jahe, cengkeh, dan siwak, bisa digunakan sebagai salah satu pilihan obat gusi bengkak. Ini karena tanaman tersebut memiliki efek antioksidan, antiradang, dan antibakteri sehingga baik untuk membantu meredakan radang gusi, termasuk gusi bengkak, serta sakit gigi.

Caranya sangat mudah, Anda cukup merebus tanaman tersebut, lalu berkumurlah menggunakan airnya.

6. Obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS)

Obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS), seperti paracetamol dan ibuprofen, terbukti efektif dalam mengatasi nyeri dan radang, termasuk peradangan yang menyebabkan gusi bengkak.

Obat gusi bengkak ini memang bisa dibeli secara bebas. Namun Anda harus mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang tertera di dalam kemasan atau konsultasikan kepada dokter terkait dosis yang disarankan.

Di samping tips di atas, Anda juga bisa mencoba oil pulling untuk membantu meredakan gusi bengkak.

Jika semua obat gusi bengkak tersebut tidak efektif atau keluhan gusi bengkak yang Anda alami tidak membaik setelah 2 minggu, segera periksakan diri ke dokter gigi agar penyebabnya bisa diketahui dan ditangani dengan tepat. Apabila gusi bengkak disebabkan oleh infeksi, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik.