Ejakulasi dini merupakan keluhan saat berhubungan intim yang sering dialami pria. Pengobatan alami ejakulasi dini dengan obat herbal dinilai efektif untuk mengatasi masalah yang satu ini. Yuk, simak obat alami apa saja yang dapat mengatasi ejakulasi dini!

Seorang pria dikatakan mengalami ejakulasi dini jika ia selalu atau hampir selalu tidak bisa menahan ejakulasi lebih lama dari 1 menit setelah penetrasi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor biologis, seperti kadar hormon yang tidak normal atau terjadi peradangan pada prostat, serta faktor psikologis, seperti depresi atau pernah mengalami pelecehan seksual.

4 Obat Alami Ejakulasi Dini yang Perlu Dicoba - Alodokter

Ejakulasi dini ini umumnya terjadi pada pria berusia di bawah 40 tahun. Hal ini sering kali menyebabkan kecemasan dan frustasi. Namun, tidak perlu larut dalam stres jika Anda mengalami kondisi ini karena ada beragam obat alami ejakulasi dini yang bisa Anda coba.

Beragam Obat Alami Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini dapat menimbulkan kecemasan, depresi, rasa malu, bahkan sampai menyebabkan sebagian pria takut berhubungan intim. Untuk mengatasi ejakulasi dini, mengembalikan rasa percaya diri, dan membahagiakan pasangan, cobalah beberapa obat alami ejakulasi dini berikut ini:

1. Cengkeh

Untuk mengatasi ejakulasi dini, cengkeh biasanya tersedia dalam bentuk krim oles yang dicampurkan dengan bahan lain, seperti ginseng dan kayu manis. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk meninjau efektivitas dan keamanan penggunaan cengkeh sebagai obat alami ejakulasi dini.

2. Ginseng

Bagian dari ginseng yang paling sering digunakan untuk mengobati ejakulasi dini adalah akarnya. Di beberapa negara, ginseng dipercaya sebagai obat alami ejakulasi dini karena mengandung zat aktif yang dapat merangsang saraf dan melancarkan aliran darah di penis.

Untuk mengatasi ejakulasi dini, ginseng biasanya tersedia dalam bentuk krim dengan campuran kayu manis dan beberapa bahan lain. Obat alami ini digunakan dengan cara dioleskan ke penis satu jam sebelum melakukan hubungan seksual.

3. Dong quai

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan obat alami ejakulasi dini yang satu ini. Dong quai merupakan jenis tanaman yang bagian akarnya dapat digunakan untuk berbagai jenis pengobatan, mulai dari mengatasi kram saat menstruasi, penyakit jantung, hingga ejakulasi dini.

Krim yang mengandung dong quai untuk mengatasi ejakulasi dini bisa Anda temukan di pasaran. Biasanya, krim ini juga mengandung bahan herbal lain, seperti cengkeh, ginseng, kulit kayu manis, dan akar Asiasari. Penggunaannya cukup dioleskan ke penis sebelum melakukan hubungan seksual.

4. Angelica

Seluruh bagian Angelica bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, mulai dari biji, buah, hingga akarnya. Sama dengan beberapa obat alami ejakulasi dini lainnya, Anda dapat menggunakan Angelica dalam bentuk krim dengan campuran bahan lainnya.

Penelitian berskala kecil menunjukkan bahwa krim yang mengandung 0,2 gram Angelica terlihat efektif dalam mengobati ejakulasi dini.

Sebelum menggunakan beberapa jenis obat alami ejakulasi dini di atas, pastikan penis Anda selalu dalam keadaan bersih. Anda juga perlu membersihkan penis setelah menggunakan obat alami ini. Jangan sampai krim masih tersisa di bagian penis ketika Anda hendak berhubungan seksual dengan pasangan.

Teknik Khusus untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Selain mengoleskan bagian penis dengan obat alami ejakulasi dini, Anda juga bisa melakukan senam Kegel dan beberapa teknik khusus untuk mengatasi ejakulasi dini, seperti:

Remas bagian pangkal penis

Meremas bagian pangkal penis bertujuan untuk menahan sensasi saat hendak ejakulasi. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu, hingga menemukan titik yang tepat. Setelah itu, Anda bisa mengajarkan pasangan Anda untuk melakukan hal ini.

Gunakan kondom atau tisu magic

Anda juga bisa menggunakan kondom lateks atau tisu magic yang mengandung obat anestesi lokal, seperti licodaine dan benzocaine. Kondom dan tisu magic ini berfungsi untuk menahan klimaks atau ejakulasi.

Lakukan teknik berhenti-mulai

Teknik berhenti-mulai atau yang dikenal sebagai teknik kontrol orgasme ini bertujuan untuk menunda klimaks. Saat dorongan ejakulasi muncul, segera hentikan aktivitas seksual yang Anda lakukan bersama pasangan. Setelah rangsangan seksual dirasa menurun, mulailah kembali aktivitas seksual secara perlahan.

Anda tidak perlu merasa sedih atau malu saat mengalami ejakulasi dini, karena dapat memicu stres dan depresi yang justru semakin memperberat kondisi Anda.

Coba lakukan beberapa teknik di atas bersamaan dengan penggunaan obat alami ejakulasi dini, dan rasakan perubahannya. Untuk memastikan keamanannya, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat alami ejakulasi dini.