Salah satu cara untuk membantu anak mencapai berat badan optimal adalah memberikannya vitamin penambah berat badan anak. Ada beberapa jenis vitamin yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan melengkapi nutrisi anak yang memiliki berat badan rendah.

Seorang anak dikatakan memiliki berat badan normal bila bobot tubuhnya seimbang dengan tinggi badan dan usianya. Untuk mengetahui berat badan Si Kecil, Bunda bisa menimbang berat badannya di rumah dengan timbangan sendiri atau di posyandu, puskesmas, dan tempat praktik dokter.

Jenis Vitamin Penambah Berat Badan Anak - Alodokter

Agar Si Kecil sehat dan memiliki berat badan yang normal, Bunda perlu membiasakannya mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, termasuk karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineral.

Namun, ada kalanya anak sulit makan dan lebih suka mengonsumsi camilan atau makanan yang kurang sehat. Sebagian anak juga suka memilih-milih makanan sehingga kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi dengan baik. Alhasil, berat badannya pun sulit naik atau malah turun.

Untuk menaikkan berat badan Si Kecil, ada beberapa vitamin penambah berat badan anak yang bisa Bunda berikan, baik melalui makanan maupun suplemen.

4 Jenis Vitamin Penambah Berat Badan Anak

Mengonsumsi vitamin dapat membantu tubuh anak untuk menyerap zat besi dan nutrisi secara optimal, serta meningkatkan nafsu makan anak.

Untuk menunjang pertumbuhan dan menaikkan berat badan anak, ada beberapa jenis vitamin penambah berat badan yang dianjurkan oleh dokter, yaitu:

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta memperkuat daya tahan tubuh anak. Vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu tumbuh kembang anak. Anak usia 1–9 tahun membutuhkan sekitar400–500 mcg vitamin A per hari.

2. Vitamin B Kompleks

Ada delapan jenis vitamin B dan tiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu tubuh anak mengolah makanan menjadi sumber energi, serta mendukung tumbuh kembang dan kesehatan organ tubuh anak, terutama sistem sarafnya.

3. Vitamin C

Vitamin C penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak serta membantu penyerapan zat besi dari makanan. Zat besi adalah mineral yang berperan penting untuk tumbuh kembang dan pembentukan sel darah merah di dalam tubuh anak. Anak berusia 1–9 tahun memerlukan vitamin C sebanyak 40–45 mg per hari.

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh dan menjaga daya tahan tubuh anak. Vitamin D juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama pertumbuhan tulang dan giginya.

Anak usia 1 tahun ke atas membutuhkan vitamin D sebanyak 15 mcg setiap hari. Vitamin D bisa dibentuk oleh tubuh secara alami dengan bantuan paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa didapat dari luar tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini, seperti telur, susu, dan ikan.

Selain keempat vitamin tersebut, unsur gizi lain yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak dan menambah berat badannya adalah zinc serta omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat dalam minyak ikan.

Jenis Makanan yang Baik untuk Menambah Berat Badan Anak

Beberapa jenis makanan yang baik untuk menambah berat badan anak adalah:

  • Daging, seperti daging ayam dan daging sapi tanpa lemak
  • Ikan, termasuk ikan kembung, ikan bandeng, ikan tenggiri, ikan salmon, dan ikan sarden
  • Susu dan produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt
  • Sayur-sayuran, seperti bayam, brokoli, wortel, sawi, buncis, atau kubis
  • Buah-buahan, termasuk buah pepaya, pisang, alpukat, jeruk, dan mangga
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang merah, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, oatmeal dan roti gandum

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin hariannya, Bunda bisa memberikan Si Kecil buah dan sayur sebanyak 5 porsi dalam sehari. Satu porsinya setara dengan satu piring kecil untuk anak. Jika Si Kecil tidak mau makan sayur dan buah, Bunda bisa mengolahnya menjadi jus, smoothie, puding, atau salad buah.

Memberikan Suplemen Vitamin Penambah Berat Badan Anak

Kebutuhan vitamin dan nutrisi anak sebenarnya sudah bisa terpenuhi bila ia rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Namun, jika memang diperlukan, Bunda juga bisa memberikannya suplemen vitamin penambah berat badan anak, terutama bila ia sering sakit atau susah makan.

Namun, sebelum Bunda memutuskan memberikan suplemen vitamin penambah berat badan kepada Si Kecil, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah Si Kecil memang memerlukan suplemen vitamin atau tidak, serta jenis dan dosis vitamin yang perlu diberikan.

Bila berat badan anak di bawah normal, dokter umumnya akan merekomendasikan pola makan yang sehat dan memberikan suplemen vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dosis vitamin akan ditentukan berdasarkan usia anak.

Meski suplemen vitamin penambah berat badan anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, sebaiknya Bunda tetap membiasakannya mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin. Cobalah untuk berkreasi membuat makanan sehat dengan rasa dan bentuk yang menarik untuk Si Kecil agar ia mau memakannya.