Di balik rasanya yang segar dan lezat, buah nanas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan. Manfaat buah nanas tersebut ada karena di dalam buah tropis ini terkandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat buah nanas, Anda bisa mengonsumsi nanas segar yang telah matang dan dikupas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati buah ini dengan cara lain seperti mengolahnya menjadi jus nanas, puding nanas, atau salad buah.

6 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan - Alodokter

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Di dalam 100 gram buah nanas, terdapat sekitar 50 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 0,5 gram protein
  • 1,5 gram serat
  • 13 gram karbohidrat
  • 10 gram gula
  • 60 IU vitamin A
  • 48–50 miligram vitamin C
  • 18 mikrogram folat
  • 110 miligram kalium
  • 12 miligram magnesium

Selain itu, buah nanas juga mengandung aneka nutrisi lain, seperti vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan, dan bromelain.

Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Karena mengandung beragam nutrisi penting, konsumsi buah nanas dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram nanas sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Anda akan lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi, sehingga Anda akan lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.

Selain dengan megonsumsi nanas, Anda juga bisa mencukupi asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah lain yang mengandung vitamin C tinggi, seperti cabai, jeruk, mangga, dan tomat.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Buah nanas juga baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti intoleransi makanan dan sembelit. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Bahkan tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa bromelain pada nanas dapat membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang

Kandungan mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.

Selain itu, buah nanas juga baik dikosnumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis, terutama pada lansia.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah nanas untuk meningkatkan kesehatan jantung tidak terlepas dari kandungan antioksidan, kalium, serta serat di dalamnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrolnya agar tetap stabil.

Selain itu, konsumsi buah nanas juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah.

5. Mengurangi peradangan

Kandungan bromelain dan antioksidan pada buah nanas bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan nyeri di dalam tubuh, misalnya pada penyakit sinusitis, radang tenggorokan, atau radang sendi. Bromelain juga baik dikonsumsi untuk mengencerkan dahak dan mengurangi batuk bahkan aman digunakan sebagai alternatif obat batuk ibu menyusui.

6. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau menjaganya tetap stabil, buah nanas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tambahkan ke dalam menu diet sehari-hari.

Buah yang rendah kalori ini kaya akan serat, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa nanas bisa membantu meningkatkan proses metabolisme lemak, sehingga membuat berat badan lebih mudah terkontrol.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan memang tidak sedikit, tapi Anda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, agar nutrisi yang Anda peroleh bisa beragam dan tercukupi.

Buah nanas umumnya aman dikonsumsi. Namun, buah ini mungkin tidak cocok dimakan oleh orang yang memiliki alergi terhadap lateks, karena nanas bisa memicu kambuhnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, atau diare.

Jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah nanas atau masih memiliki pertanyaan lain seputar manfaat nanas untuk kesehatan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.