Ada bermacam-macam makanan dan minuman pencegah kanker yang bisa kamu konsumsi. Makanan dan minuman ini umumnya adalah makanan yang rendah lemak dan kalori tetapi kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Makanan dan minuman pencegah kanker sebenarnya serupa dengan asupan yang dianjurkan dalam pola makan sehat, yakni buah, sayur, dan gandum utuh. Mengonsumsi makanan dan minuman pencegah kanker ini sangat dianjurkan, terutama bila kamu sering mengonsumsi makanan dengan bahan kimia tambahan, seperti pewarna, penyedap rasa, dan pengawet buatan.

Yuk, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Pencegah Kanker Ini - Alodokter

Beragam Makanan dan Minuman Pencegah Kanker

Berikut adalah bermacam-macam makanan dan minuman pencegah kanker yang baik untuk kamu konsumsi:

1. Brokoli

Mengonsumsi brokoli beberapa kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kamu menderita kanker. Ini karena brokoli mengandung sulforaphane yang diyakini bermanfaat sebagai zat antikanker.

Dalam sebuah penelitian, sulforaphane ditemukan dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%, serta menurunkan risiko terjadinya kanker usus.

2. Bawang putih

Siapa sangka, kandungan belerang pada bawang putih dapat mencegah pembentukan sel kanker, terutama kanker yang menyerang organ pencernaan, seperti kanker lambung, kanker usus, dan kanker esofagus.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal, diamkan dulu bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong selama 15–20 menit sebelum dimasak. Cara ini dapat mengaktifkan enzim dalam bawang putih dan melepaskan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kanker.

3. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang terkenal akan manfaat kesehatannya, tidak terkecuali sebagai makanan pencegah kanker. Kunyit mengandung kurkuma yang diyakini dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker, memperlambat penyebaran kanker, dan mengecilkan tumor.

Untuk merasakan manfaat antikanker dari kunyit, kamu bisa mengonsumsi ½–3 sendok teh bubuk kunyit setiap harinya. Ini bisa kamu lakukan dengan cara mencampurkan kunyit ke dalam bahan makanan lain sebagai penambah cita rasa makanan.

4. Buah beri

Kelompok buah beri, seperti strawberry dan blueberry, kaya akan pigmen anthocyanin yang memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih penyebab kanker.

Hal ini terbukti dalam sebuah uji coba yang menyebutkan bahwa ekstrak buah beri dapat mengurangi perkembangan sel kanker hingga 7%.

5. Ikan berlemak sehat

Mengonsumsi beberapa jenis ikan, seperti salmon, makarel, dan teri, juga dikaitkan dengan penurunan risiko menderita penyakit kanker. Pasalnya, beragam ikan ini mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D yang dipercaya mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Dengan mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan yang tinggi akan lemak sehat setiap minggunya, kamu bisa mendapatkan dosis asam lemak omega-3 dan vitamin D untuk mencegah kanker.

6. Tomat

Warna merah pada tomat menunjukkan bahwa sayur ini mengandung likopen yang tinggi. Likopen adalah senyawa karotenoid yang memiliki sifat antioksidan kuat, sehingga dapat mencegah dan memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan prostat.

Guna merasakan manfaat tomat sebagai makanan pencegah kanker, kamu bisa menambahkan 2 buah tomat setiap harinya ke dalam menu harianmu. Misalnya, kamu bisa menyajikan tomat sebagai lalapan saat menyantap ayam goreng, menjadikannya bahan campuran sambal, atau mengolahnya bersama sayuran hijau.

7. Buah anggur

Senyawa antioksidan bernama resveratrol yang terkandung pada anggur memiliki sifat antikanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menyertakan buah anggur sebagai selingan camilan sehatmu.

8. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan selada, merupakan sumber beta-karoten dan lutein yang baik. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten dan lutein secara teratur bisa membantu menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

9. Teh hijau

Tidak hanya makanan, ada juga minuman pencegah kanker, dan salah satunya adalah teh hijau. Teh ini mengandung antioksidan katekin yang mampu melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Untuk merasakan manfaat teh hijau sebagai pencegah kanker, kamu bisa mengonsumsi 1 cangkir teh ini setiap harinya.

Mengonsumsi makanan dan minuman pencegah kanker memang penting. Kendati demikian, hal ini juga perlu diikuti dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya, seperti berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, serta tidak merokok dan membatasi minuman beralkohol.

Bila kamu masih memiliki pertanyaan terkait konsumsi makanan dan minuman pencegah kanker, atau bingung memilih asupan mana yang cocok dengan kondisi kesehatanmu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.