Kanker otak adalah kanker yang terjadi ketika sel-sel di jaringan otak tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali dan membentuk sebuah massa (tumor). Tumor tersebut mengambil alih ruang, darah, serta nutrisi dari sel-sel sehat di jaringan otak dan sekitarnya.

Otak adalah sebuah organ yang sangat penting dan kompleks. Organ ini berfungsi mengendalikan semua fungsi tubuh, mulai dari fungsi gerak, fungsi metabolisme, sampai pikiran dan perasaan. Jika sel-sel abnormal tumbuh di otak, fungsi-fungsi tubuh dapat mengalami gangguan.

Kanker otak, gejala, penyebab, cara mengobati, cara mencegah, alodokter

Berdasarkan asalnya, kanker otak dapat terbagi dua, yaitu kanker otak primer dan sekunder. Kanker otak primer berasal dari sel otak itu sendiri, sedangkan kanker otak sekunder (metastasis) berasal dari sel kanker yang menyebar dari organ tubuh lain.

Menurut data WHO pada tahun 2020, kasus baru kanker otak di Indonesia mencapai 1,5% dari seluruh kasus kanker yang ada. Sementara itu, angka kematian kanker otak adalah 2,3% dari seluruh penderita.

Jenis Kanker Otak

Pertumbuhan sel-sel abnormal atau tumor di otak dapat bersifat jinak atau malah ganas. Kanker otak tergolong sel-sel abnormal yang tumbuh ganas sehingga bisa tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Berdasarkan asalnya, kanker otak dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

Kanker otak primer

Kanker otak primer adalah kanker otak yang berasal dari sel di jaringan otak itu sendiri. Beberapa jenis kanker otak primer antara lain:

  • Astrocytoma
    Astrocytoma merupakan salah satu jenis kanker otak yang tumbuh dan berkembang pada sel glial, yaitu sel pendukung sistem saraf. Astrocytoma adalah jenis kanker otak primer yang paling umum terjadi dan bisa dialami oleh anak-anak atau lansia.
  • Glioblastoma multiforme
    Glioblastoma merupakan jenis kanker otak pada sel glial yang paling ganas. GBM dapat tumbuh dan menyebar dengan sangat cepat. Kanker otak jenis ini paling sering menyerang kelompok usia 50–70 tahun dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.
  • Medulloblastomas
    Medulloblastomas merupakan jenis kanker otak sel glial yang tumbuh dan berkembang di otak kecil (cerebellum), yaitu organ yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan. Jenis ini umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja.

Kanker otak sekunder

Berbeda dengan kanker otak primer, kanker otak sekunder berasal dari sel kanker yang menyebar (metastasis) dari organ tubuh lain. Jenis kanker yang paling sering menyebar ke otak adalah:

Penyebab dan Gejala Kanker Otak

Kanker otak terjadi ketika sel-sel di otak tumbuh secara tidak normal. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang kanker otak, misalnya paparan radiasi di kepala, riwayat kanker otak pada keluarga, dan kelainan genetik.

Gejala kanker otak dapat berkembang secara bertahap dan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala yang dialami juga sangat bervariasi, mulai dari sakit kepala hingga halusinasi dan perubahan kepribadian.

Gejala di atas bisa muncul akibat peningkatan tekanan di dalam kepala atau kerusakan di bagian otak tempat kanker tumbuh.

Cara Mengobati dan Mencegah Kanker Otak

Kanker otak dapat diatasi dengan beberapa metode, yang jenisnya disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, serta lokasi, ukuran, dan jenis tumor. Metode pengobatan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Operasi, seperti kraniotomi
  • Kemoterapi
  • Radioterapi
  • Terapi target

Meski tidak dapat dicegah, risiko kanker otak dapat dikurangi dengan melakukan beberapa hal, seperti menghindari paparan radiasi secara berlebihan, tidak merokok, dan menghindari bahan kimia yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.