Meski umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, ambeien luar sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Nah, ada cara mengobati ambeien luar yang dapat dilakukan, mulai dari perawatan sederhana di rumah hingga perawatan medis.

Ambeien luar muncul ketika pembuluh darah di area kulit sekitar anus membengkak dan membentuk benjolan, lalu menonjol ke luar anus. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa gatal dan nyeri di area anus serta buang air besar berdarah.Ketahui 6 Cara Mengobati Ambeien Luar secara Mandiri - AlodokterAmbeien luar dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari konstipasi, diare berkepanjangan, batuk kronis, kebiasaan duduk terlalu lama, dan sering angkat beban berat. Gangguan medis ini juga bisa terjadi pada kondisi tertentu, seperti kehamilan atau obesitas.

Berbagai Cara Mengobati Ambeien Luar

Meski umumnya ambeien luar dapat sembuh dengan sendirinya, berbagai langkah pengobatan diperlukan untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman yang terjadi di area anus. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Menggunakan kompres dingin

Salah satu cara mengobati ambeien luar adalah kompres benjolan menggunakan air dingin. Ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang muncul akibat ambeien.

Caranya sederhana, siapkan es batu yang telah dibungkus dengan kain, lalu kompres di bagian ambeien selama 15 menit. Anda bisa mengulanginya beberapa kali dalam sehari.

2. Berendam dengan air hangat

Merendam bokong menggunakan air hangat juga bisa menjadi cara meredakan keluhan ambeien luar. Untuk melakukannya, Anda bisa berendam selama 20 menit setelah buang air besar. Berendam dengan air hangat dapat dilakukan saat mandi, yaitu sebanyak 2 kali sehari.

3. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur, dapat melunakkan tekstur tinja sehingga feses lebih mudah keluar dan mengurangi perburukan gejala maupun kondisi ambeien. Selain serat, penderita ambeien luar juga harus minum banyak air putih untuk melancarkan buang air besar.

4. Menggunakan obat pereda nyeri

Cara mengobati ambeien luar selanjutnya adalah mengonsumsi obat pereda nyeri. Ini karena obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, dapat meringankan rasa nyeri yang muncul.

5. Mengoleskan salep wasir

Selain beragam cara di atas, penggunaan obat salep wasir juga bisa meredakan gejala ambeien luar. Salah satu jenis obat ini adalah salep hidrokortison. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan salep di benjolan pada anus dan jangan dulu buang air besar selama beberapa jam.

6. Menggunakan gel lidah buaya

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengobati ambeien luar. Lidah buaya memiliki sifat antiradang yang dapat mengurangi pembengkakan, gatal, dan nyeri pada ambeien.

Dengan berbagai cara mengatasi ambeien luar di atas, ambeien umumnya dapat sembuh dalam waktu beberapa minggu. Namun, bila ambeien yang Anda alami tidak juga membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Nantinya, dokter akan menyarankan beberapa prosedur medis nonoperasi, seperti pengikatan ambeien, suntik skleroterapi, atau koagulasi. Bila prosedur tersebut tidak juga mampu menyembuhkan ambeien yang Anda alami, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi.

Berbagai Cara Mencegah Ambeien Luar

Pada dasarnya, ambeien luar dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana, seperti:

  • Banyak mengonsumsi makanan berserat
  • Tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar
  • Tidak menunda buang air besar
  • Menghindari duduk terlalu lama
  • Banyak minum air putih
  • Berolahraga secara rutin

Itulah berbagai cara mengatasi ambeien luar dan cara mencegahnya. Umumnya, pengobatan tersebut disesuaikan dengan tingkat keparahan ambeien yang dialami oleh penderitanya.

Untuk menentukan cara mengobati ambeien luar yang tepat dan sesuai kondisi Anda, cobalah konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, ambeien luar bisa segera teratasi dan kondisinya tidak semakin memburuk.