Cara mencegah ambeien bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya akan serat hingga tidak menunda buang air besar. Cara-cara tersebut bisa membantu mencegah tinja menjadi keras dan terjadinya sembelit yang dapat menyebabkan ambeien.

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus. Kondisi ini terjadi karena peningkatan tekanan dalam perut dan sekitar panggul.

6 Cara Mencegah Ambeien dengan Mudah - Alodokter

Ambeien biasa ditandai dengan buang air besar berdarah, nyeri atau gatal pada dubur, maupun munculnya benjolan dari dalam atau sekitar anus.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ambeien:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Hamil
  • Kurang mengonsumsi makanan berserat
  • Terlalu lama duduk, termasuk duduk ketika buang air besar
  • Sering mengangkat benda berat
  • Konstipasi atau diare kronis

Agar terhindar dari penyakit ini, ada beberapa cara mencegah ambeien yang bisa dilakukan.

Beragam Cara Mencegah Ambeien

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah ambeien:

1. Perbanyak asupan cairan tubuh

Sembelit adalah salah satu penyebab ambeien. Ketika feses sulit dikeluarkan, Anda akan mengejan lebih keras. Mengejan dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah di anus, sehingga menyebabkan ambeien.

Cara mencegah ambeien karena sembelit adalah dengan mengonsumsi cukup cairan. Minum 6–8 gelas air setiap hari dapat membantu melunakkan feses agar mudah dikeluarkan.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan serat

Selain minum air, mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah, sayuran, dan biji-bijan, juga bisa menjadi cara mencegah ambeien. Makanan berserat membantu melunakkan feses sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu keras untuk mengeluarkannya.

Dengan mencukupi kebutuhan serat sekitar 25–35 gram per harI, kemungkinan terjadinya ambeien karena mengejan saat buang air besar (BAB) akan berkurang.

3. Jangan tunda buang air besar

Menunda buang air besar dapat membuat keinginan untuk BAB menghilang. Hal ini kemudian membuat feses mengering dan lebih sulit untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin BAB, jangan menundanya dan segeralah pergi ke toilet.

Anda juga bisa menjadwalkan waktu khusus untuk BAB setiap hari, seperti beberapa menit setelah makan. Selain menjadi cara mencegah ambeien, menjadwalkan waktu BAB juga dapat membantu Anda membentuk kebiasaan BAB yang teratur.

4. Hindari mengejan terlalu keras

Seperti disebutkan sebelumnya, mengejan terlalu keras dan lama saat buang air besar merupakan salah satu penyebab ambeien. Selain itu, mengejan berlebihan juga dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk fisura anus maupun prolaps rektum.

Anda dapat mencegah ambeien dengan segera ke toilet saat merasa akan BAB. Namun, jangan langsung mengejan. Duduk dan bersantailah, berikan waktu bagi tubuh selama 5 menit untuk mengeluarkan feses.

5. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, terutama di toilet, bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus, sehingga menyebabkan ambeien. Selain itu, duduk terlalu lama juga sering dikaitkan dengan risiko terjadinya obesitas yang juga merupakan faktor risiko terjadinya ambeien.

Oleh sebab itu, usahakan berdiri dan jalan-jalan singkat jika sudah duduk selama 30 menit.

6. Lakukan olahraga secara teratur

Aktif bergerak dapat membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah yang dapat terjadi akibat berdiri atau duduk terlalu lama. Olahraga juga dapat memperlancar pencernaan serta mencegah berbagai risiko terjadinya masalah kesehatan.

Selain itu, olahraga juga membantu menurunkan berat badan berlebih yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya ambeien.

Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 10–15 menit sebanyak beberapa kali sehari. Anda juga bisa melakukan olahraga lain, seperti lari, berenang, aerobik, atau yoga.

Cara mencegah ambeien di atas dapat menurunkan risiko terkena ambeien. Namun, jika Anda mengalami keluhan yang menyerupai ambeien, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan memastikan kondisi dan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.