Jerawat memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Meski dapat hilang dengan sendirinya, tidak sedikit orang yang mencari cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Lalu, bagaimana caranya agar jerawat cepat hilang?

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Jerawat dapat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak alami kulit atau sebum yang berlebihan, sel kulit mati, dan bakteri. Selain area wajah, jerawat juga dapat muncul di beberapa area tubuh lain, seperti dada, punggung, dan bahu.

Ketahui Berbagai Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat - Alodokter

Jerawat umumnya dapat menghilang sendiri dalam waktu beberapa hari hingga minggu. Namun, hal ini dapat menyebabkan jerawat menetap di kulit cukup lama. Jika tidak diatasi, jerawat juga terkadang dapat muncul lebih banyak dan semakin parah.

Oleh karena itu, ketika muncul jerawat, banyak orang yang ingin menghilangkan jerawat di kulitnya dengan cepat.

Cara Cepat untuk Menghilangkan Jerawat

Jika merasa terganggu dengan kemunculan jerawat di wajah atau tubuh Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, yaitu:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Bagian tubuh yang paling sering berjerawat adalah area wajah. Oleh karena itu, untuk membuat jerawat di wajah Anda cepat hilang, Anda dapat membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, terutama setelah wajah banyak berminyak atau berkeringat.

Saat mencuci wajah, pilihlah produk pembersih wajah khusus untuk jerawat, misalnya sabun cuci muka yang mengandung belerang atau asam salisilat.

Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat membuat kulit wajah semakin berminyak dan mudah mengalami iritasi. Hal ini dapat memperparah jerawat yang muncul di wajah Anda dan justru membuat jerawat menetap lebih lama.

2. Menggunakan obat jerawat

Salah satu pilihan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat adalah dengan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas, seperti krim, salep, atau gel yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, belerang, dan asam azaleat atau azaleic acid.

Jika obat-obatan tersebut tidak berhasil menghilangkan jerawat, cobalah berkonsultasi ke dokter kulit. Untuk menghilangkan jerawat yang muncul di kulit Anda dengan cepat, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan berupa tretinoin, antibiotik, atau pil KB.

3. Menggunakan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Salah satu bahan tersebut adalah minyak esensial.

Jenis minyak esensial tertentu mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Jenis minyak esensial tersebut umumnya terbuat dari bahan-bahan tertentu, seperti tea tree oil, kayu manis, daun thyme, serta bunga mawar dan lavender.

Selain minyak esensial, bahan-bahan alami yang lain, seperti ekstrak teh hijau, madu, dan lidah buaya, juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya cukup mengoleskan minyak esensial atau bahan-bahan lain di atas ke area kulit yang berjerawat sebanyak 1–2 kali sehari. Namun, perhatikan reaksi yang muncul di kulit Anda.

Apabila muncul reaksi iritasi di kulit atau jerawat malah semakin parah setelah Anda menggunakan bahan-bahan di atas, segera hentikan pemakaiannya dan kunjungi dokter.

4. Menjalani prosedur perawatan kulit

Jika jerawat yang muncul tak kunjung mereda, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk menjalani prosedur perawatan kulit agar terbebas dari jerawat. Untuk mengatasi jerawat di kulit Anda dengan cepat, dokter dapat melakukan beberapa prosedur, seperti chemical peeling, terapi laser, atau memberi suntikan kortikosteroid.

Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan dan mencegah jerawat muncul kembali di kulit Anda:

  • Hindari memencet jerawat karena dapat membuat jerawat semakin parah dan menimbulkan bekas luka.
  • Gunakan pelembab wajah atau make up yang berlabel ‘noncomedogenic’.
  • Hindari menyentuh area wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat guna mencegah infeksi.
  • Ganti dan cuci sprei, sarung bantal, dan selimut secara rutin.
  • Kurangi stres.
  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti nasi putih, kue, dan roti.

Jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan tapi jerawat masih sulit untuk dihilangkan atau sering muncul, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.