Tak hanya nikmat dan segar, ternyata ada beragam manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Selain sebagai sumber energi, buah mangga juga baik dikonsumsi sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi dan serat bagi ibu hamil dan juga janin, lho!

Selama mengandung, ibu hamil terkadang menginginkan atau ngidam makanan atau minuman manis atau asam. Nah, salah satu pilihan makanan yang memiliki kedua rasa tersebut serta sehat untuk kehamilan adalah buah mangga.

Beragam Kandungan dan Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil - Alodokter

Kandungan Buah Mangga dan Manfaatnya

Mangga termasuk buah tinggi kalori yang tepat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil yang meningkat pada kehamilan trimester ketiga. Selain itu, mangga mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi pada buah mangga dan manfaatnya bagi ibu hamil serta janin:

1. Vitamin A

Mangga mengandung Vitamin A juga penting untuk perkembangan organ janin, seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

Selain itu, vitamin A penting bagi ibu hamil untuk melawan infeksi, menguatkan daya tahan tubuh, dan memperbaiki jaringan tubuh setelah melahirkan.

Namun, perlu diingat bahwa asupan vitamin A yang direkomendasikan pada ibu hamil adalah 900–950 mcg (mikrogram). Jika sudah cukup mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, Anda tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen vitamin.

Jika ingin menggunakan suplemen vitamin A saat hamil, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menentukan dosis vitamin A yang aman, karena konsumsi vitamin A dosis tinggi bisa berbahaya untuk janin.

2. Vitamin C

Buah mangga adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Kandungan vitamin C di dalam mangga diperlukan ibu hamil dan janin untuk memproduksi kolagen, yaitu protein dalam tubuh yang berperan sebagai bahan untuk membentuk jaringan kulit dan tulang, serta jaringan ikat tubuh.

Selain itu, vitamin C juga penting dalam proses penyembuhan luka dan memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Zat Besi

Selama mengandung, kebutuhan zat besi akan meningkat karena tubuh ibu hamil perlu menghasilkan lebih banyak darah untuk didistribusikan pada janin. Kandungan zat besi pada buah mangga bermanfaat untuk mendukung produksi sel darah merah tersebut dan mencegah terjadinya anemia pada masa kehamilan.

Anemia saat hamil adalah kondisi yang berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, hingga perdarahan pascapersalinan.

4. Vitamin B6

Kandungan vitamin B6 pada buah mangga berperan penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Vitamin ini bertugas untuk mendukung perkembangan dan fungsi otak serta sistem saraf janin.

Selain itu, vitamin B6 juga dapat mengatasi morning sickness selama masa kehamilan dan menjaga kadar gula darah ibu hamil agar tetap stabil.

5. Kalium

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah kram kaki pada masa kehamilan. Ini berkat kandungan kalium dalam buah mangga yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh serta mengatur kontraksi otot-otot tubuh.

6. Folat

Kandungan folat yang terdapat pada buah mangga juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Nutrisi yang satu ini sangat penting bagi kehamilan karena dapat mendukung perkembangan saraf dan otak janin serta mencegah cacat lahir pada saraf tulang belakang bayi.

Selain itu, folat atau asam folat juga berperan penting dalam produksi sel darah merah, sehingga menurunkan risiko anemia pada ibu hamil.

7. Serat

Ibu hamil memerlukan asupan serat untuk mencegah konstipasi atau sembelit yang kerap muncul selama kehamilan. Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan relaksasi otot-otot tubuh, termasuk usus.

Usus yang bergerak lambat menyebabkan pencernaan juga berjalan lebih lambat hingga akhirnya menimbulkan sembelit.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Buah Mangga

Bagi ibu hamil yang menderita diabetes gestasional ada baiknya membatasi asupan buah mangga. Pasalnya, kandungan gula yang terdapat pada mangga termasuk tinggi.

Buah mangga bisa disajikan dalam potongan buah segar atau diolah menjadi jus atau smoothie. Saat memilih buah mangga, pilihlah buah yang kulitnya tidak rusak dan cucilah buah tersebut sebelum mengonsumsinya. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum mengonsumsi buah mangga.

Bumil juga disarankan untuk membeli buah mangga yang matang secara alami, bukan dengan bahan kimia atau 'karbitan'. Hal ini dikarenakan kandungan arsenik dan fosfor pada buah mangga ‘karbitan’ dapat meracuni ibu hamil dan janin.

Secara umum, buah mangga merupakan jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau memiliki alergi terhadap buah mangga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ini.