Beberapa manfaat guava untuk demam berdarah yang dipercaya adalah membantu pemulihan tubuh dan menaikkan jumlah trombosit. Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi pada buah guava.

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus pembawa virus dengue. Penanganan DBD bertujuan untuk meredakan gejala yang muncul serta mencegah terjadinya komplikasi DBD.

3 Manfaat Guava untuk Demam Berdarah - Alodokter

Salah satu cara alami untuk membantu pemulihan kondisi pada pasien DBD adalah dengan mengonsumsi daun dan daging buah guava, atau yang juga dikenal sebagai jambu biji.

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah yang paling umum terjadi adalah demam mencapai 40°C yang bisa disertai dengan gejala berikut:

  • Sakit kepala
  • Nyeri pada bagian belakang mata, sendi, otot, atau tulang
  • Ruam

Untuk menangani DBD, umumnya dokter akan menganjurkan pasien untuk mengonsumsi paracetamol guna menurunkan demam dan meredakan sakit kepala serta nyeri. Selain itu, dokter juga menyarankan pasien untuk banyak minum air guna mencegah dehidrasi serta beristirahat.

Manfaat Guava untuk Demam Berdarah

Untuk membantu pemulihan tubuh saat terkena DBD, Anda dapat mengonsumsi guava, baik dengan dimakan langsung atau diolah menjadi jus. Berikut adalah beberapa manfaat guava untuk demam berdarah:

Menaikkan jumlah trombosit

Menurunnya jumlah trombosit merupakan kondisi yang umum terjadi pada penderita DBD. Rendahnya kadar trombosit inilah yang membuat penderita DBD mengalami ruam atau bintik-bintik merah, mimisan, atau gusi berdarah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C bermanfaat untuk menaikkan kadar trombosit dan sel darah putih pada penderita DBD. Jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Terdapat sekitar 87 gram vitamin C di dalam setiap 100 gram buah guava.

Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam jambu biji juga berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh ketika Anda menderita DBD. Dengan demikian, Anda menjadi cepat sembuh.

Vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih, khususnya limfosit dan fagosit, yang berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, vitamin C membantu melindungi sel darah putih dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menghambat pertumbuhan virus

Manfaat guava untuk demam berdarah juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daunnya. Penelitian membuktikan bahwa kandungan quercetin yang terdapat di dalam daun guava berperan sebagai antivirus yang dapat menghambat replikasi virus dengue.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi daun jambu biji sebagai lalapan atau meminum air rebusan daun jambu biji.

Manfaat guava untuk demam berdarah memang telah didukung oleh beberapa penelitian, tetapi jangan hanya mengonsumsi buah ini ketika Anda menderita demam berdarah. Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, ayam, dan ikan.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, kondisi Anda akan membaik dalam waktu 1 minggu. Namun, Anda dapat memasuki masa kritis dan berbahaya jika muncul gejala berupa muntah-muntah, sakit perut hebat, gusi berdarah, mimisan, sesak napas, atau muntah maupun buang air besar berdarah.

Anda bisa bertanya dan meminta saran kepada dokter mengenai manfaat guava untuk demam berdarah. Jika Anda mengalami perburukan gejala DBD seperti yang telah disebutkan di atas, segera periksakan diri ke IGD terdekat.