Tidak banyak yang tahu manfaat peterseli, sehingga sering kali herba ini hanya dianggap sebagai hiasan dan disisihkan dari makanan. Padahal, manfaat peterseli untuk kesehatan ada beragam, antara lain mendukung kesehatan tulang dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

Manfaat peterseli untuk kesehatan bisa kita peroleh berkat kandungan nutrisinya yang meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, zat besi, dan kalium. Selain itu, peterseli juga mengandung flavonoid dan karotenoid yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Manfaat Peterseli untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan - Alodokter

Manfaat Peterseli Untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat peterseli untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah berbagai macam penyakit kronis

Konsumsi peterseli dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit karena di dalamnya terkandung 3 antioksidan penting, yaitu vitamin C, flavonoid, dan karotenoid. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit kronis.

Begitu pula dengan flavonoid. Studi menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan zat ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan penyakit jantung. Sementara itu, karotenoid dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker paru.

2. Mendukung kesehatan tulang

Vitamin K yang terkandung pada 2 sendok makan peterseli mampu memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K bisa mengurangi risiko patah tulang sebanyak 22%. Selain vitamin K, nutrisi pada peterseli yang juga baik untuk kesehatan tulang adalah kalsium, kalium, dan magnesium.

3. Menjaga kesehatan mata

Dalam peterseli terdapat 3 karotenoid penting yang dapat membantu melindungi dan meningkatkan kesehatan mata. Ketiga karotenoid tersebut adalah lutein, beta karoten, dan zeaxanthin.

Lutein dan zeaxanthin pada peterseli bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula yang terjadi karena penuaan. Sementara itu, beta karoten dalam peterseli dapat diubah tubuh menjadi vitamin A, yaitu vitamin yang penting untuk melindungi kornea dan konjungtiva sebagai lapisan terluar mata.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat peterseli selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini dapat diperoleh karena peterseli mengandung asam folat dan karotenoid yang cukup tinggi.

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa pola makan yang kaya akan karotenoid mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Ini karena karotenoid memiliki peranan yang cukup penting dalam menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Mengurangi melasma

Meski perlu diteliti lebih lanjut, sebuah studi menunjukkan bahwa air seduhan peterseli yang dioleskan ke wajah dapat membantu mengurangi bintik hitam di wajah karena melasma. Namun, Anda harus hati-hati dalam menggunakannya, karena beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi kulit.

Tak hanya mempercantik dan meningkatkan cita rasa makanan, peterseli juga sangat bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, peterseli juga bisa menetralisir bau yang disebabkan oleh makanan dengan rasa menyengat. Jadi, mulai sekarang tidak ada salahnya untuk lebih sering menambahkan peterseli ke dalam makanan Anda.

Namun, perlu diingat bahwa peterseli tidak boleh dikonsumi secara berlebihan, terutama jika Anda memiliki penyakit ginjal. Peterseli mengandung bahan kimia yang dikhawatirkan dapat memperburuk penyakit ini. Sementara pada wanita hamil, konsumsi peterseli harus dibatasi karena dikhawatirkan dapat memicu keguguran.

Manfaat peterseli untuk kesehatan beragam, tetapi jangan abaikan pula efek sampingnya, terutama jika Anda menderita kondisi medis tertentu. Jadi, sebelum memanfaatkan peterseli sebagai pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.