Manfaat kunyit untuk asam lambung telah dikenal sejak dulu. Tanaman rempah yang satu ini diketahui mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat meredakan berbagai gejala asam lambung.

Penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi terbakar di dada. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan GERD ini disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esopagheal sphincter (LES).

Mengenal Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung - Alodokter

Selain itu, penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Hamil
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  • Faktor usia

Beberapa jenis obat-obatan juga diketahui dapat menyebabkan otot LES melemah, sehingga asam lambung pun mudah naik ke kerongkongan.

Kondisi naiknya asam lambung ini memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara untuk mengatasinya dan salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Kunyit diketahui mengandung kurkumin, yaitu senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Berkat senyawa ini, kunyit diketahui dapat meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung.

Kandungan antioksidan polifenol di dalam kunyit juga dapat mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung dan mengatasi gastritis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh luka pada lambung. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa mual, kembung, dan muntah.

Selain beberapa gangguan pada lambung di atas, kunyit juga telah digunakan sejak dulu untuk meredakan nyeri akibat radang sendi, melancarkan menstruasi, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memelihara fungsi hati.

Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Asam Lambung

Selain digunakan sebagai campuran bahan masakan, Anda juga bisa memanfaatkan kunyit dengan cara lain untuk meredakan asam lambung, yaitu:

1. Mengambil sari kunyit

Cara ini dapat dilakukan dengan memarut kunyit yang telah dibersihkan, kemudian diperas hingga tersisa airnya saja. Air kunyit tersebut bisa Anda minum pada pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari sebelum tidur dalam keadaan perut kosong.

Jika Anda memilih untuk mengonsumsinya di pagi hari, berikan jeda waktu sekitar 30 menit sebelum sarapan atau mengonsumsi minuman lain. Lakukan selama 3–7 hari hingga perut terasa lebih nyaman.

2. Membuat teh kunyit

Saat ini, kunyit telah banyak diolah menjadi teh dan dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Sama seperti olahan kunyit lainnya, teh kunyit juga mengandung antioksidan dan antiradang yang baik untuk mengatasi masalah asam lambung.

3. Mengonsumsi suplemen kunyit

Anda pun dapat mengonsumsi suplemen kunyit yang saat ini juga sudah banyak dijual secara bebas. Bahkan, suplemen tersebut biasanya telah dilengkapi dengan kandungan piperine, yaitu senyawa yang dapat membantu penyerapan kurkumin dalam tubuh.

Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen kunyit guna memastikan efektivitas dan keamanannya.

Jika Anda berencana menggunakan kunyit sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi penyakit asam lambung, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Dokter akan memeriksa riwayat penyakit Anda serta memberikan informasi mengenai efektivitas dan keamanan penggunaan kunyit untuk kondisi Anda.