Kunyit putih telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Tak heran bila beragam manfaat kunyit putih bisa Anda dapatkan. Manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya. Bahkan, tanaman ini juga diklaim sebagai penawar racun untuk mengobati gigitan ular berbisa.

Kunyit putih (Curcuma zedoaria) merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di negara Asia, seperti Thailand, Tiongkok, dan Indonesia. Mulai dari batang hingga akarnya diketahui bermanfaat sebagai obat. Manfaat ini berasal dari kandungan kurkuminoid dan terpenoid yang berperan sebagai antioksidan

5 Manfaat Kunyit Putih bagi Kesehatan - Alodokter

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Selain mengandung antioksidan, kunyit putih juga diketahui memiliki efek antikanker, antiradang, antinyeri, antialergi, dan antimikroba, serta mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai khasiat kunyit putih bagi kesehatan:

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida

Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Oleh karena itu, tanaman ini diduga bisa menjadi alternatif obat herba bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

2. Mencegah gigitan nyamuk

Menurut penelitian, kandungan minyak dari kunyit putih memiliki efek pembasmi nyamuk alami sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mencegah gigitan nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti dan Anophelus dirus. Pasalnya, gigitan nyamuk tersebut bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dan malaria.

3. Menurunkan demam

Ekstrak etanol dalam kunyit putih juga bisa digunakan sebagai obat penurun demam layaknya paracetamol. Tak hanya itu, ekstrak etanol juga berkhasiat sebagai obat antinyeri untuk mengatasi diare.

4. Melindungi tubuh dari stres oksidatif

Sejumlah riset menyatakan bahwa kunyit putih tinggi antioksidan dan memiliki efek antiradang yang baik untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis akibat paparan radikal bebas.

Khasiat antioksidan diperoleh karena adanya senyawa antioksidan melimpah dalam kunyit putih, seperti flavonoid, phenol, tanin, dan saponin di dalamnya.

5. Menurunkan risiko penyakit kanker dan tumor

Salah satu senyawa dalam kunyit putih, yaitu zerumbone, memiliki efek antikanker yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker ovarium, kanker payuradara, dan leukemia.

Sementara itu, zat polisakarida di dalam kunyit putih juga memiliki efek antitumor yang diduga dapat menghambat pertumbuhan tumor dan sarkoma jaringan lunak di dalam tubuh. Meski begitu, penelitian kedua manfaat ini masih sebatas penelitian di laboratorium dan memerlukan lebih lanjut.

Selain beberapa manfaat di atas, ekstrak kunyit putih memiliki efek antiracun yang bisa digunakan sebagai penawar bisa ular. Contohnya adalah bisa dari gigitan ular kobra.

Penting diingat bahwa sejumlah manfaat kunyit putih untuk kesehatan tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut, sebab masih terbatasnya data uji klinis pada manusia. Sejauh ini juga belum ada informasi mengenai takaran dosis dan efek samping mengonsumsi kunyit putih yang jelas.

Itulah beragam manfaat kunyit putih yang dapat Anda peroleh. Namun, bila Anda ingin mengonsumsi kunyit putih secara rutin untuk menjaga kesehatan atau untuk membantu pengobatan, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang dalam kondisi hamil, menyusui, atau menderita penyakit tertentu.